Download E-Paper

Warga RW 14 Kelurahan Klender Sulap Tempat Buang Sampah Jadi Taman PKK

Sabtu, 21 November 2020 - 21:26
Lahan tidur yang disulap jadi taman di RW 14 Klender. (Ifand)

JAKARTA - Warga RW 14 Kelurahan Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, mengubah lahan tidur yang ada di wilayahnya. Lokasi yang sebelumnya dijadikan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) disulap menjadi taman PKK yang dihiasi berbagai jenis tanaman.

Ketua RW 14 Kelurahan Klender, Jhoni Harjoyo mengatakan, pihaknya terus akan melakukan pemanfaatan lahan untuk dijadikan penghijauan dan hasilnya dapat dirasakan warga. Salah satunya merubah lahan TPS menjadi taman PKK. "Berbagai macam tanaman diharapkan dapat bermanfaat bagi warganya, apalagi di masa pandemi saat ini," katanya, Sabtu (21/11).

Dikatakan Jhoni, untuk mengubah lahan tersebut pihaknya juga melibatkan hampir semua warga di setiap RT. Sehingga di lahan seluas 90 meter persegi itu, bisa dimanfaatkan seluruh warga. "Karena kami tanami tanaman hias, tanaman obat, hingga tanaman produktif yang hasilnya bisa dinikmati bersama," ujarnya. 

Sementara itu, Lurah Klender, Tri Budianto menambahkan, pihaknya sangat mendukung apa yang dilakukan warga di RW 14. Pasalnya, berkat kerja keras warga, mereka merubah lahan yang sebelumnya dijadikan TPS. "Ini juga sejalan Instruksi Walikota Jakarta Timur Nomor 26 Tahun 2020 tentang Gerakan Memperindah Kota bersama PKK," ungkapnya.

Dengan apa yang dilakukan warga di RW 14, kata Tri, ia berharap dapat diikuti warga di RW lainnya. Karena dengan begitu, wilayah Jakarta Timur khususnya Klender akan semakin Asri, Nyaman, Milik Kita (Asmita).

"Karena selain menjadi indah, taman iri juga sebagai sarana edukasi sesuai kebutuhan masyarakat, yang pastinya akan sangat berguna" sambungnya. 

Ditambahkan Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Klender, Dian Novianti, Taman PKK RW 014 ini sejalan dengan Kelompok Kerja (Pokja) III. Hal ini untuk mewujudkan 10 Program PKK yaitu mengelola program pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga.

"Kedepannya kita akan terus memanfaatkan ruang dan lahan untuk memperbanyak penghijauan, sehingga kualitas hidup dan udara di Kelurahan `Klender Ijo Royo-royo` yaitu, bersih, asri dan sehat," pungkasnya. (Ifand/win)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->