Download E-Paper

Kerumunan Acara HRS, Penyidik Masih Kumpulkan Rekaman CCTV

Kamis, 19 November 2020 - 20:23
Kombes Yusri Yunus, Kabid Humas Polda Metro Jaya.

JAKARTA - Penyidik Polda Metro Jaya masih melakukan penyelidikan kerumunan massa di acara Habib Rizieq Shihab (HRS) di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat. 

Selain memintai keterangan sejumlah saksi yang mengetahui, penyidik juga mengumpulkan bukti-bukti lainnya termasuk rekaman CCTV yang ada di sepanjang kerumunan massa tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, penyidik masih bekerja mengumpulkan keterangan saksi termasuk barang bukti di acara HRS.

Baca juga: Wagub DKI Absen Klarifikasi di Polda Metro soal Kerumunan Habib Rizieq

"Penyidik terus kumpulkan alat-alat bukti lain, termasuk memeriksa rekaman CCTV yang ada di sekitar daerah (Petamburan) tersebut," kata Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Kamis (19/11/2020).

Yusri menjelaskan, rekaman CCTV tersebut nantinya akan bisa digunakan penyidik sebagai bukti petunjuk untuk melakukan penyelidikan selanjutnya. 

Namun, Yusri tidak menjelaskan berapa banyak rekaman CCTV yang telah dikumpulkan penyidik. 

Baca juga: Anies Bantah Lakukan Pembiaran Prokes di Acara Habib Rizieq Shihab

Menurutnya, jika keterangan saksi selesai diperiksa termasuk barang bukti lengkap penyidik akan melakukan gelar perkara awal.

"Kalau semuanya sudah lengkap baru kita lakukan gelar perkara awal untuk menentukan langkah selanjutnya. Apa bisa dinaikkan dari penyelidikan ke penyidikan," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mangkir dari panggilan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya, untuk diminta klarifikasi terkait acara HRS, Kamis (19/11/2020).

Baca juga: Habib Rizieq Bayar Denda Rp50 Juta atas Pernikahan Najwa Shihab, Wagub DKI Bersyukur

Riza tidak hadir dengan alasan ada tugas lain yang tidak bisa ditinggalkan, sehingga meminta penyidik untuk menjadwalkan ulang pemanggilannya. 

Selain Wagub DKI juga ada tiga saksi lainnya yang diminta klarifikasinya, yaitu Senior Manager Aviasa Sekuriti Bandara Soetta, Kadis Kesehatan DKI Jakarta dan Ketua panitka akad nikah putri HRS. 

"Jadi yang tidak hadir pemanggilan ada dua, Wagub DKI dan Ketua Panitia akat nikah. Kalau yang kemarin diperiksa itu ketua panitia seluruh acara secara umum, sedangkan yang ini adalah ketua panitia akad nikahnya," ucap Yusri.

Baca juga: Disebut Lonte Saat Ceramah, Nikita Mirzani Polisikan Habib Rizieq

Untuk dua saksi dari Bandara Soetta dan Kadis Kesehatan DKI Jakarta hingga kini masih menjalani pemeriksaan penyidik. (ilham/win)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->