ADVERTISEMENT

Pekan Ini, 17 Kabupaten/ Kota Masuk Zona Merah Covid-19

Rabu, 18 November 2020 08:58 WIB

Share
Pekan Ini, 17 Kabupaten/ Kota Masuk Zona Merah Covid-19

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan, ada 17 kabupaten/kota yang  sebelumnya berada di zona oranye berpindah ke zona merah dalam pekan ini. 

"Hal ini menandakan perkembangan ke arah yang kurang baik pada daerah-daerah tersebut. Ke-17 kabupaten/kota tersebut didominasi Pulau Jawa, diantaranya Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur," terang Wiku. 

Wiku mengatakan hal tersebut dalam keterangannya secara virtual dari  Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (17/11/2020), sebagaimana disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Dia menjelaskan rincian Kabupaten/kota tersebut diantaranya di Jawa Barat terdapat di Bandung, Tasikmalaya, Purwakarta dan Kota Cimahi.

Baca juga: Kasus Aktif Covid-19 Indonesia Lebih Rendah Dari Rata-rata Dunia

Di Jawa Tengah terdapat di Banjarnegara, Boyolali, Sukoharjo, Sragen, Kendal, Tegal dan Brebes.

Jawa Timur di Lumajang, Banten di Kota Cilegon dan untuk  di luar Jawa terdapat di Sumatera Barat di Kota Payakumbuh, Lampung di Pesawaran, Kalimantan Tengah di Barito Timur dan  Kepulauan Riau di Kota Tanjungpinang.

Wiku juga menerangkan dari hasil evaluasi dari Satgas Penanganan Covid-19 terhadap masa libur panjang baru-baru ini khusus 2 provinsi di Pulau Jawa, yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah mengalami peningkatan positivity rate atau penambahan kasus terkonfirmasi positif. 

Data 21 - 27 Oktobar 2020, sebelum libur panjang, di Jawa Tengah sebesar 13,53% dan Jawa Barat sebesar 15,4%. Setelah libur panjang pada 4 - 10 November 2020, terjadi peningkatan di Jawa Tengah menjadi 17,4% dan Jawa Barat menjadi 16,31%.

Baca juga: Menkes Terawan Sasar Vaksinasi Covid-19 Untuk 107,2 Juta Orang

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT