PMI Jaksel Krisis Stok Tiga Golongan Darah, Warga Diimbau Mau Donor

Selasa, 17 November 2020 18:09 WIB

Share
PMI Jaksel Krisis Stok Tiga Golongan Darah, Warga Diimbau Mau Donor

JAKARTA – Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan mengalami krisis tiga golongan darah karena kesulitan mencari pendonor yang sesuai, Selasa (17/11/2020).

Humas PMI Jaksel Dedet Mulyadi mengatakan, pihaknya mengakui tiga golongan darah sedang mengalami kelangkaan stok yakni golongan darah A, B dan AB.

“Untuk stok darah sebetulnya kami sudah serahkan ke PMI DKI Jakarta, namun untuk di Jakarta Selatan, golongan A, B, dan AB agak sulit memenuhi stok,” kata Dedet.

Ia juga menambahkan, untuk kalangan orang asia rata-rata memilik golongan darah O. “Kalau untuk golongan darah O terbilang masih stabil stok darahnya, hanya ketiga golongan darah itu saja, karena memang rata-rata orang asia cenderung golongan darah O,” paparnya.

Baca juga: Stok Darah Menipis di Tengah Pandemi, Wagub DKI Ajak Warga Donor

Menurutnya, setiap minggu sejak april stok semua golongan darah terbilang aman, karena memang setiap minggunya pihak relawan melakukan aksi donor darah ke PMI Jaksel.

”Ada pramuka, sahabat donor darah setiap minggu mendonor ke kami,” katanya.

Sementar itu, Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali, jajaran Pemkot Jaksel bersama Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin melakukan donor darah di kantor Walikota Jaksel hari ini, Selasa (17/11/2020).

Menurut Marullah, donor darah ini menjadi sangat penting, terutama di saat pandemi Covid-19, karena yang biasanya di Jakarta mendapatkan 1.000 kantong darah per hari, namun kini pasokannya semakin berkurang hanya mencapai 200 kantong per hari.

Baca juga: Semakin Sepi Pendonor, Stok Darah di PMI Memprihatinkan

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar