ADVERTISEMENT

Biaya Pengobatan Covid-19 Rp600 Juta, dr Reisa: Jangan Anggap Enteng!

Selasa, 17 November 2020 08:02 WIB

Share
Biaya Pengobatan Covid-19 Rp600 Juta, dr Reisa: Jangan Anggap Enteng!

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah dr Reisa Brotoasmoro mengungkap bukti ada pasien yang berobat Covid-19 di satu rumah sakit swasta, harus mengeluarkan biaya mencapai Rp600 juta.

Sebab itu, Reisa mengatakan karena mahalnya biaya pengobatan Covid-19 maka selama masa pandemi Covid-19, masyarakat diminta menjaga diri dan lebih mengutamakan upaya pencegahan dari terpapar penyakit.

"Pasalnya, upaya pencegahan lebih murah ketimbang mengobati yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit," demikian kata Juru Bicara Pemerintah dr Reisa Brotoasmoro dalam dialog bertajuk "Perhitungan Rugi-Rugi Kena Penyakit" yang disiarkan melalui daring, Senin (16/11/2020) sore. 

Baca juga: Jokowi Minta Kapolri, Panglima TNI dan Satgas Covid-19 Tindak Pelanggar Protokol Kesehatan

Dalam dialog tersebut, hadir Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Prof. dr Hasbullah Thabrany. 

"Jangan sekali-sekali kita menganggap enteng Covid-19. Dampaknya sangat fatal dan merugikan, baik secara psikologis, apalagi ekonomis," ujar Reisa.

Sedangkan Hasbullah menjelaskan dari hasil studi yang dilakukannya, biaya perawatan pasien Covid-19 menelan biaya hingga ratusan juta rupiah. Dan besaran biaya perawatan juga tergantung seberapa banyak penyakit-penyakit penyerta yang dimiliki.

"Dari kajian yang saya survei di 9 provinsi, yang tertinggi (biaya Covid-19) Rp446 juta. Rata-rata Rp184 juta, dan rata-rata masa perawatannya  selama 16 hari," ungkapnya.

Baca juga: Dr Reisa Ajak Masyarakat Optimis Hadapi Covid-19 dengan Tetap Terapkan 3M

Hasbullah menambahkan, rata-rata masa perawatan 15,4 hari dan masa perawatan 194 hari di rumah sakit. Biaya yang dikeluarkan ini belum termasuk kehilangan pendapatan seseorang karena tidak bisa bekerja. Termasuk beban psikologis yang diderita pasien tersebut.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT