ADVERTISEMENT

Kepala BP2MI Tinjau Desa Wisatanya Para Mantan Pekerja Migran

Jumat, 13 November 2020 15:50 WIB

Share
Kepala BP2MI Tinjau Desa Wisatanya Para Mantan Pekerja Migran

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani,  mengapresiasi kreativitas para  PMI  Purna asal Yogyakarta. Benny meninjau Desa Wisata yang dibangun para mantan pekerja migran.

Di hadapan  Disnaker Daerah Istimewa Yogyakarta, pegawai UPT BP2MI Yogyakarta, dan PMI Purna, ia mengajak untuk melariskan seluruh produk-produk PMI Purna yang sudah dihasilkan dari kegiatan pemberdayaan dan pelatihan seusai mereka bekerja dari luar negeri.

"Sekarang kita tidak hanya memiliki slogan sikat sindikat pengiriman ilegal PMI, tetapi mari bersama kita juga sikat produk-produk Purna PMI!" tegas Benny di kantor UPT BP2MI Yogyakarta, Jumat (13/11/2020).

Baca juga: BP2MI Gandeng Damri Fasilitasi Pemberangkatan dan Pemulangan PMI

Dalam kegiatan ini, sebanyak 30 produk purna yang dipamerkan. Pun, dilaksanakan launching aplikasi TuQu, sebuah aplikasi pintar yang menghubungkan para pembeli, pedagang, dan kurir lokal dengan layanan utama berupa kebutuhan harian rumah tangga yang dapat dibeli langsung dari pedagang lokal dan diantar ke rumah.

Aplikasi ini merupakan hasil karya kreatif  PMI Purna Yogyakarta yang kini sedang berkembang di 'Kota Gudeg'.

Di samping itu, Benny juga mengapreasiasi Desa Wisata Garongan yang dirintis dan dikelola oleh Purna PMI. Sebanyak 80 orang dari 120 orang anggota paguyuban Desa Wisata Garongan merupakan Purna PMI yang pernah bekerja di Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, Malaysia, dan negara lainnya. 

Baca juga: BP2MI Berikan Edukasi Keuangan kepada Calon Pekerja Migran yang akan Kerja di Luar Negeri

"Desa Wisata ini sangat visioner karena sebelum kami menggalakkan PMI sebagai Duta Wisata di luar negeri,  PMI Purna  ini sudah membuat Desa Wisata, membawa keahlian bahasa dan pengalamannya di luar negeri untuk menjadi modal membangun di Yogyakarta," ujarnya.

"Oleh karenanya, bagi Calon PMI di sini yang akan berangkat, saya menitip pesan untuk mempromosikan Indonesia sebagai negara yang indah dan ramah. Bapak/Ibu sekalian adalah Duta Wisata Indonesia yang mampu mengabarkan hal-hal baik tentang Indonesia," papar Benny.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT