ADVERTISEMENT

Jokowi Tegaskan Peran ASEAN dalam Menjaga Perdamaian

Kamis, 12 November 2020 12:46 WIB

Share
Jokowi Tegaskan Peran ASEAN dalam Menjaga Perdamaian

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Presiden Jokowi menyampaikan pentingnya peran ASEAN dalam rangka menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan.

"Sangat normal di tengah rivalitas dua kekuatan besar dunia, masing-masing ingin menarik ASEAN untuk berpihak," terang Jokowi dalam pidatonya di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pleno ke-37 ASEAN.

 Jokowi menghadiri KTT ASEAN secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat,  Kamis (12/11/2020).

Baca juga: Presiden Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN secara Virtual

Presiden menegaskan ASEAN harus solid, menjaga keseimbangan, terus menyampaikan pesan untuk memperkokoh kerja sama yang saling menguntungkan, terus menyampaikan pesan pentingnya para mitra kita untuk menghormati Treaty of Amity and Cooperation, dan terus menyampaikan pesan pentingnya penghormatan terhadap hukum internasional termasuk di antaranya UNCLOS 1982.

"Dengan soliditas dan komitmen kuat untuk memajukan kerja sama inklusif maka ASEAN tidak akan terjebak di antara rivalitas tersebut dan ASEAN akan dapat memainkan peran sentralnya dalam pengembangan kerja sama kawasan. Tentunya hal ini bukan merupakan hal mudah. Tapi saya yakin, dengan soliditas dan komitmen kuat kita akan dapat menjalankannya," tandasnya.

Terkait ekonomi ASEAN, Jokowi memandang optimisme lainnya yaitu penandatanganan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). RCEP berhasil ditandatangani setelah negara-negara ASEAN bernegosiasi selama kurang lebih 8 tahun. 

"Kita harus buktikan bahwa integrasi ekonomi yang sangat besar ini akan membawa manfaat bagi rakyat kita," imbuhnya.

Baca juga: Di Hari Pahlawan, Jokowi Ajak Perang Melawan Covid-19

KTT ke-37 ASEAN kali ini yang menjadi tuan rumah adalah Vietnam. Turut hadir mendampingi Presiden saat menghadiri KTT ke-37 ASEAN secara virtual yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Wakil Tetap RI untuk ASEAN Ade Padmo Sarwono.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT