ADVERTISEMENT

DPR: Perjuangan Pahlawan Harus Jadi Contoh Masa Kini Lawan Covid-19

Rabu, 11 November 2020 14:24 WIB

Share
DPR: Perjuangan Pahlawan Harus Jadi Contoh Masa Kini Lawan Covid-19

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Bangsa Indonesia rutin memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November. Akan tetapi tahun ini, menurut Netty Prasetiyani, Anggota Komisi IX DPR RI, Hari Pahlawan diperingati di tengah suasana bangsa yang sedang berjuang melawan Pandemi Covid-19.

"Pahlawan adalah orang yang berjuang membela kebenaran, mereka tidak pernah mementingkan diri sendiri, serta selalu siap untuk berkorban jiwa dan raga dalam membela yang benar. Pada masa pandemi ini sudah seharusnya kita mencontoh semangat perjuangan para pahlawan dalam melawan Covid-19. Jika dulu para pahlawan banyak yang gugur dalam perang melawan penjajah, maka hari ini kita harus melanjutkan perjuangan mereka dalam perang melawan Covid-19," kata Netty, Rabu  (11/11/2020).

Baca juga: Di Hari Pahlawan, Jokowi Ajak Perang Melawan Covid-19

Menurut Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI ini, tanpa adanya pengorbanan dan kerja keras akan sangat sulit untuk menangani pandemi Covid-19 di tanah air.

"Perlu ada kerja keras dan strategi penanganan yang kongkrit di lapangan agar kita mampu menahan laju pandemi di tanah air yang hingga Senin kemarin sudah mencapai 440.569 orang. Kita harus bertanya kepada pemerintah, sudah sejauh apa penanganannya? Bagaimana dengan gerakan 3T dan 3M yang tampaknya semakin longgar? Seperti apa kelanjutan vaksin baik yang di dalam negeri maupun yang bekerjasama dengan pihak luar? Ini harus dijawab oleh pemerintah", kata Netty.

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, Ariza Ajak Masyarakat Berjuang Kalahkan Covid-19

Netty juga berharap selain mengenang jasa Pahlawan kemerdekaan, bangsa Indonesia juga harus mengenang jasa dokter dan tenaga kesehatan yang gugur dalam melawan Pandemi Covid-19.

"Tenaga kesehatan baik dokter dan perawat yang gugur dalam menangani Covid-19 sangat layak kita berikan penghargaan sebagai pahlawan kemanusiaan. Mereka telah rela berkorban jiwa dan raga meskipun tahu bahaya yang akan mereka hadapi dalam merawat pasien Covid-19", tambah Netty.

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, Petugas Gabungan di Depok Tebar 6.000 Masker Gratis

Peringatan Hari Pahlawan tahun ini agak spesial karena selain diperingati di tengah Pandemi Covid-19 juga adanya pemberian gelar Pahlawan terhadap enam tokoh Indonesia, yakni Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara, Machmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat, Jenderal Pol (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo dari provinsi DKI Jakarta, Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara, Sutan Mohammad Amin Nasution dari Sumatera Utara, dan Raden Mattaher bin Pangeran Kusin Bin Adi dari Provinsi Jambi.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT