JAKARTA - PT Angkasa Pura II (AP II) menginformasikan bahwa penjadwalan ulang (rescheduled) penerbangan dapat dilakukan penumpang pesawat yang memiliki tiket keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, pada Selasa, 10 November 2020.
Maskapai yang telah mengkonfirmasi dapat dilakukannya rescheduled atau refund adalah Lion Air, Batik Air, Garuda Indonesia, dan Citilink.
Plt. Senior Manager Branch & Communication Bandara Soekarno-Hatta Haerul Anwar mengatakan koordinasi telah dilakukan dengan para stakeholder termasuk maskapai.
"Kebijakan maskapai ini sebagai langkah antisipasi agar penumpang pesawat dapat tetap melakukan perjalanan di waktu yang berbeda," ujar Plt. Senior Manager Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta Haerul Anwar, Selasa (10/11/2020)
Sementara itu, Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro, mengonfirmasi Lion Air Group memberikan kebijakan kepada penumpang berupa pembebasan biaya untuk perubahan jadwal keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.
"Lion Air Group sangat memahami atas situasi dan kondisi yang terjadi pagi ini, sehingga memberikan solusi terbaik kepada penumpang. Komitmen Lion Air Group ialah mengutamakan penanganan pelayanan kepada penumpang, "pungkas Danang, Selasa (10/11/2020).
Dilaporkan sebelumnya, berdasarkan pantauan poskota.co.id, ribuan massa memadati akses jalan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) untuk menjemput Habib Rizieq Shihab sejak pagi tadi. Bahkan kemacetan menuju bandara dilaporkan mencapai lebih dari 7 kilometer.
Akibat hal tersebut, VP Corporate Communiction AP II Yado Yarismano mengatakan telah terjadi penundaan keberangkatan atau delay sekitar 1- 2 jam pada sejumlah penerbsngan.
"Meski demikian, operasional bandara masih berjalan dengan normal, " jelas Yado saat dihubungi, Selasa (10/11/2020) (mita/win)