Awas Tertipu, Ini 7 Cara Mudah Membedakan Madu Asli dengan Oplosan

Selasa, 10 November 2020 13:39 WIB

Share
Awas Tertipu, Ini 7 Cara Mudah Membedakan Madu Asli dengan Oplosan

SERANG - Pada masa pandemi Covid-19, masyarakat percaya madu bisa menjaga daya tahan dan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Sayangnya, hal ini justru dimanfaatkan beberapa orang tak bertanggung jawab untuk memproduksi dan menjual madu palsu.

Dengan menempati rumah produksi di kawasan Joglo, Kembangan, Jakarta Barat, beberapa orang itu memproduksi madu palsu hasil pencampuran bahan berbahaya seperti glukosa, fluktosa, dan molase, dicampur, seolah-olah madu asli Banten. 

Beruntung, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Banten berhasil membongkar pabrik pembuatan madu palsu tersebut.

Baca juga: Awas Beredar Madu Palsu dari Kembangan Jakbar, Polisi Amankan 3 Orang

Ketiga tersangka dan sejumlah barang bukti diamankan. Mereka yaitu AS (24), TM (35) dan MS (47), masing-masing diduga sebagai penjual, karyawan dan pemilik rumah produksi.

Madu memiliki rasa manis yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya serta memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun, madu palsu tidak membawa manfaat bahkan sangat membahayakan kesehatan.

Sebagai konsumen, kita wajib tahu cara membedakan madu asli dan palsu.

Baca juga: Polisi Bongkar Pabrik Madu Palsu, 1 Tahun Beraksi Raup Laba Rp8 Miliar

Perbedaan Madu Asli dan Palsu

Dilansir dari berbagai sumber inilah 7 cara mudah dan sederhana untuk mengetahui keaslian madu:

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar