ADVERTISEMENT

Roy Suryo Ungkap Fakta Unik di Video Syur Mirip Gisel: Siap Uji Lanjut

Senin, 9 November 2020 08:26 WIB

Share
Roy Suryo Ungkap Fakta Unik di Video Syur Mirip Gisel: Siap Uji Lanjut

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Pakar multimedia dan juga telematika Roy Suryo telah meneliti video syur 19 detik yang diduga mirip artis Gisella Anastasia.

Penelitian dilakukan Roy karena banyak pertanyaan bagaimana cara menguji keaslian terhadap sosok wanita yang ada dalam video berdurasi 19 detik beredar dengan artis Gisel yang disebut-sebut "mirip" dalam video tersebut.

"Dalam penelitian itu, pertama sampel wajah dari video tersebut diperbandingkan dengan materi yang sudah bisa dipastikan keasliannya sebagai pembanding dari artis yang  disebut-sebut 'mirip' tersebut," kata Roy kepada Poskota co.id, Senin (9/11/2020).

Baca juga: Video Mamah Jedar dan Mamah Gisel di Twitter dan Telegram Masih Ramai

Kemudian, lanjut Roy, dibuat matriks meliputi perbandingan di antaranya bentuk wajah, mata, hidung dan bibir dengan jarak masing-masing.

"Jadi apabila kemarin saya menyatakan bahwa video 19 detik yang disebut-sebut mirip artis GA tersebut masih harus diteliti lebih intensif lagi, karena memang secara ilmiah dan scientific tingkat kemiripannya masih di bawah 75%, tepatnya adalah antara 72% sd 74% dengan Software "Face Comparator (Recognizer)," terang Roy.

Roy Suryo juga melampirkan hasil penelitiannya. "Uniknya ketika hari ini (Senin) saya gunakan Software 'Face Matcher (Combiner)' untuk wajah wanita dalam video 19 detik dan sample wajah artis GA yang diambil dari berbagai SocMednya, maka hasil yang didapat diketemukan wajah seperti yang terlampir," terang Roy.

Baca juga: Gisella Anastasia Dihantam Isu Video Syur Mirip Dirinya, Wijin Memberi Dukungan

Mantan Menpora ini juga menjelaskan saat ini dirinya harus menyampaikan hipotesis, bahwa video 19 detik tersebut sudah siap untuk dilakukan uji lanjut oleh pihak terkait, dalam hal ini Kepolisian Republik Indonesia (Polri), agar mendapatkan kejelasan faktual dan kepastian Hukumnya.

"Hal ini penting saya sampaikan agar kasus video ini segera mendapatkan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut, sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia," terang Roy.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT