ADVERTISEMENT

Halodoc Layani Tes Swab Covid-19 Antigen Tarif Rp300 ribu

Sabtu, 7 November 2020 02:00 WIB

Share
Halodoc Layani Tes Swab Covid-19 Antigen Tarif Rp300 ribu

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Halodoc menjadi platform healthtech pertama yang mengumumkan mulai melayani tes swab antigen Covid-19 dengan tarif Rp299 ribu. 

Layanan ini telah tersedia di Jakarta yakni di Cibis Park Cilanfak  West One City Cengkareng, dan Parkir Hall C JIExpo Kemayoran. Juga di parkir Cahaya Diagnostic, Surabaya. Tes ini dilakukan secara drive thru atau diambil sampel dalam kendaraan orang yang akan dites. 

Berbeda dengan rapid tes antibodi, tes ini dilkaukan dengan metode swab. Pengambilan sampel dari cairan nasofaring dengan teknik swab untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu dengan hasil diagnosis yang cepat sekitar 1 jam. 

Baca juga: Seluruh Peserta MTQ Akan Jalani Tes Swab Untuk Cegah Penularan Covid-19

Chief Business Officer dan Co-founder Halodoc, Doddy Lukito, mengatakan bahwa pandemi Covid-19 memberikan tantangan tersendiri bagi Halodoc dalam menyederhanakan akses layanan kesehatan di tanah air. 

"Halodoc terus memperluas akses bagi masyarakat untuk mendapatkan tes yang akurat dengan lebih cepat dan terjangkau menjadi salah satu strategi untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia, " kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (6/11/2020).

Tes Swab Antigen Halodoc menggunakan produk Panbio dari Abbott, tes rapid antigen ini memiliki tingkat sensitivitas 91.4 persen dan spesifisitas 99.8 persen untuk virus corona. 

Baca juga: Pulang Umrah, Jemaah Diminta Swab Test dan Karantina

Sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Kesehatan dan lembaga terkait lainnya, seluruh petugas kesehatan yang bertugas di fasilitas drive thru Halodoc juga menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, seperti masker, face shield, baju hazmat, dan sarung tangan karet yang diganti setiap setelah melakukan tes. 

Sebelumnya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan rekomendasi penggunaan dua produk tes cepat antigen menggunakan metode swab pada 2 Oktober 2020. Tes ini dinilai lebih akurat dari Rapid Tes Antigen. Meski tidak lebih akurat dari PCR, namun barganya lebih terjangkau. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT