ADVERTISEMENT

60 Prajurit Kolinlamil Latihan Operasikan Enkripsi MMC-3000 dan Secos

Sabtu, 7 November 2020 04:00 WIB

Share
60 Prajurit Kolinlamil Latihan Operasikan Enkripsi MMC-3000 dan Secos

JAKARTA - Sebanyak 60 prajurit KRI dan staf Komunikasi elektronika mengikuti latihan dan keterampilan (Latram) Multi Mode Cripto (MMC) 3000 dan Security Communication (Secos) yang berlangsung di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Latihan berlangsung selama lima hari (2-6 November) tersebut berakhir pada Jumat (6/11/2020) yang ditutup Kepala Dinas Komunikasi dan Elektronika (Kadiskomlek) Kolonel Laut (E) Yesayas TM Silalahi.

Latihan juga diikuti prajurit Komlek Satlinlamil 2 Surabaya ini dilaksanakan secara virtual melalui satuan komunikasi (satkom) Satlinlamil 2 Surabaya. 

Baca juga: Kolinlamil Gelar Komunikasi Sosial Bina Masyarakat Pesisir Muara Tawar

Saat menutup latihan, Kadiskomlek Kolinlamil mengatakan Lattram MMC 3000 merupakan program pelatihan yang bertujuan meningkatkan kemampuan personel pengawak peralatan MMC 3000 serta menguji kesiapan peralatan, sistem dan metode baik taktis maupun teknis dalam rangka mendukung tugas pokok Kolinlamil.

Lebih lanjut dijelaskan salah satu prinsip penting dalam menggunakan peralatan komunikasi adalah communication security (keamanan komunikasi). Dengan motto pengawak komunikasi yaitu TX (pancaran) harus trusted and secure (terpercaya dan aman) serta diterima dengan loud and clear (terang dan jelas). 

“Saat ini kami memiliki peralatan mesin sandi MMC 3000 yang menjadi standar TNI dalam mengirim dan menerima berita dengan aman” tandasnya.

Baca juga: Panglima Kolinlamil Pimpin Apel Gelar Pasukan Kogasgabratmin

Dalam kesempatan itu, Kadiskomlek memberikan penghargaan kepada 3 peserta latihan yang berprestasi Kelasi Dua Tlg Yudi Witira (KRI Mentawai 959), Kopral Satu Tlg Samiaji (Satkom Satlinlamil 2 Surabaya) dan Kopral Dua Tlg Sholihun Hadi (KRI Banjarmasin 592).

Sementara itu Panglima Kolinlamil yang menerima laporan kegiatan ini, mengatakan terselenggaranya Lattram ini diharapkan Kolinlamil dan TNI Angkatan Laut pada umumnya dapat meningkatkan seluruh aspek kemampuan baik kemampuan personel maupun material. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT