Jokowi Ajak Apoteker Turut Wujudkan Kemandirian Industri Farmasi

Kamis, 5 November 2020 13:53 WIB

Share
Jokowi Ajak Apoteker Turut Wujudkan Kemandirian Industri Farmasi

JAKARTA - Sebanyak 4.700 peserta mengikuti Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) 2020 yang diselenggarakan secara virtual pada 5 – 7 November 2020.

Jokowi pun dalam acara tersebut mengajak seluruh apoteker Indonesia turut andil memberikan gagasan percepatan penanganan pandemi.

"Saya harap dalam Rakernas dan temu ilmiah ini, akan lahir banyak gagasan dan rencana aksi untuk membantu percepatan penanganan pandemi dan kemandirian obat dalam negeri, " kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya sebelum membuka acara PIT, Kamis (05/11/2020). 

Lebih lanjut, Jokowi mengajak profesi apoteker untuk melakukan reformasi besar-besaran dalam sistem kesehatan nasional.

"Termasuk kemandirian obat dan bahan baku obat, yang bisa kita raih dalam waktu yang secepat-cepatnya. Sebab, obat dan bahan baku masih impor, padahal kita kaya.” Tegasnya.

“Kekayaan sumber daya negeri harus jadi modal dasar untuk memperkuat ketahanan masyarakat khususnya di bidang kesehatan. Obat fitofarmaka harus difasilitasi dan distandarisasi, sehingga menjadi pilihan promotif dan preventif, " lanjut dia.

Baca juga: Jokowi Akui Hampir 90 % Bahan Baku Obat-Obatan Masih Impor

Ia mengatakan, pandemi Covid-19 telah membangkitkan krisis dalam dunia farmasi untuk maju dalam riset, inovasi, revitalisasi industri bahan baku obat, dan memperkuat struktur manufaktur industri obat. 

"Maka berdikari obat-obat dan alat kesehatan harus jadi prioritas dengan cara sinergi seluruh kekuatan baik MOA, profesi itu sendiri, dan industri, " kata dia. 

Jokowi berharap kebangkitan industri obat akan memperkuat perekonomian nasional dan diharapkan dapat meningatkan kesejahteraan petani dan pelaku UMKM.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar