ADVERTISEMENT

Sebanyak 253 Jemaah Umrah Indonesia Berangkat ke Tanah Suci

Minggu, 1 November 2020 18:28 WIB

Share
Sebanyak 253 Jemaah Umrah Indonesia Berangkat ke Tanah Suci

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Indonesia untuk pertama kalinya memberangkatkan jemaah umrah. Sebanyak 253 orang dengan menggunakan maskapai penerbangan Arab Saudi bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Tanah Suci, Minggu (1/11).

"Tadi jam 11, jemaah umrah Indonesia berangkat menuju Tanah Suci,  "  terang Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama Arfi Hatim yang dihubungi, Minggu (1/11).

Sebanyak 253 jemaah umrah asal Indonesia berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, dengan pesawat berbadan lebar (wide body) Boeing 777-300 milik maskapai Saudi Arabia Airlines.

Baca juga: Minggu Ini, Direncanakan 300 Jemaah Umrah Indonesia Berangkat ke Tanah Suci

Pelepasan pemberangkatan pertama jemaah umrah ini dilakukan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al-Thaqaf turut melepas keberangkatan para jemaah.

Seperti diketahui, dampak pandemi membuat Pemerintah Arab Saudi menutup penyelenggaraan ibadah umrah. Begitupun Kementerian Agama menutup sementara layanan pendaftaran umrah dalam aplikasi Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu umrah dan Haji Khusus (Siskopatuh) sejak Kamis, 12 Maret 2020.

Baca juga: Alhamdulillah! Umrah Dibuka, 253 Jemaah Berangkat via Bandara Soetta

Arfi menjelaskan, awalnya direncanakan mereka yang akan berangkat umrah sebanyak 300 orang, tapi sampai menjelang pemberangkatan di antara mereka ada yang visanya belum keluar, dan ada juga hasil swab test yang belum keluar.

Ia menambahkan menjelaskan mereka yang berangkat umrah sesuai syarat  yang diminta Pemerintah Arab Saudi, dengan usianya antara 18 - 50 tahun. Ketentuan lain, lanjut Arfi, penerbangan umrah ini menggunakan penerbangan milik Arab Saudi. (johara/tha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT