ADVERTISEMENT

Gempa di Turki, BMKG Ingatkan WNI Soal Guncangan Susulan

Minggu, 1 November 2020 12:42 WIB

Share
Gempa di Turki, BMKG Ingatkan WNI Soal Guncangan Susulan

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Gempa telah melanda Turki. Masyarakat Indonesia di Turki untuk tetap waspada terjadinya goncangan gempa susulan. Sebab berdasarkan hasil pantauan sampai Sabtu malam (31 /10) telah terjadi gempa susulan tercatat ada 36 kali.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG),  Rahmat Triyono, dalam keterangannya, Sabtu malam (31 /10) menyatakan berdasarkan hasil monitoring BMKG, dan beberapa lembaga monitoring gempabumi dunia bahwa hingga hari ini, Sabtu 31 Oktober 2020 pukul 19.30 WIB, telah tercatat 36 kali gempa susulan.

"Gempa susulan dimana dua di antaranya memiliki kekuatan magnitodo M > 5. Berdasarkan ciri dan karakteristik gempa akibat sesar dengan magnitudo gempa utama yang cukup besar selalu diikuti dengan rentetan gempa-gempa susulan," kata Rahmat.

Dia mengimbau kepada masyarakat Indonesia yang berdomisili di Turki dan sekitarnya, khususnya yang berada di dekat lokasi sumber gempa yaitu kota Izmir, Menderes, dan Menemen dihimbau agar tetap waspada akan adanya potensi gempa-gempa susulan yang mungkin masih terjadi dalam beberapa minggu ke depan.

 "Jauhi bangunan-bangunan yang sudah miring atau retak-retak, karena dapat berpotensi runtuh / roboh akibat diguncang gempa susulan walaupun dengan kekuatan yang relatif kecil. Selanjutnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, dan tetap mengikuti arahan dari otoritas setempat, " terang Rahmat.

 BMKG menyebut hari Jumat sore , 30 Oktober 2020 pukul 18:51 WIB wilayah Kepulauan Dodecanese, Yunani diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo Mw=7,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 37,89 LU dan 26,84 BT, berlokasi di laut pada jarak 17 km arah barat laut Samos, Yunani pada kedalaman 10 km.

 Seperti diketahui, Gempa bumi yang dahsyat melanda pantai Aegean Turki dan di utara Pulau Samos, Yunani, menghancurkan perumahan warga,  gedung perkantoran dan menewaskan sedikitnya 27 orang. Gempa berkekuatan magnitudo 7,0 itu berpusat di provinsi Izmir Turki, berdasarkan laporan Survei Geologi AS (USGS). (johara/win)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT