Download E-Paper

Presiden Jokowi Serahkan Banpres Produktif Kepada 30 Pelaku Usaha Mikro

Kamis, 08 Oktober 2020 - 18:50
Presiden Jokowi saat menyerahkan Banpres Produktif   di Gedung Pertemuan Umum Handep Hapakat, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. (ist)

JAKARTA - Sebanyak 30 pelaku usaha mikro mendapatkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif dari Presiden Jokowi.

Penyerahan Banpres Produktif berlangsung di Gedung Pertemuan Umum Handep Hapakat, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah,  Kamis (8/10).

Baca juga: Program Banpres Produktif UKM Tuai Pujian Asian Development Bank

Bantuan hibah sejumlah Rp2,4 juta diberikan sebagai tambahan modal agar mereka dapat segera bangkit dari dampak ekonomi yang ditimbulkan pandemi Covid-19.

“Kita tahu semuanya bahwa keadaan ekonomi sekarang memang tidak mudah dan itu dialami oleh semua segmen lapisan pengusaha. Baik yang besar, yang menengah, yang kecil dan mikro juga sulit," ujar Presiden saat berbincang dengan para penerima bantuan.

Baca juga: Pelaku UKM di Aceh Terima Bantuan Banpres Rp2,4 Juta Langsung dari Jokowi

Hingga saat ini, realisasi penyaluran Banpres Produktif secara nasional telah mencapai 99,41 persen yang diberikan kepada 9.108.780 pelaku usaha mikro dengan nilai mencapai Rp21,86 triliun. Sementara realisasi program tersebut khusus di Kalimantan Tengah telah disalurkan kepada 49.868 pelaku usaha mikro dengan nilai mencapai Rp119,6 miliar.

Presiden menyebutkan Pandemi Covid-19 yang melanda setidaknya 215 negara di dunia perlu diakui memberikan dampak besar bagi aktivitas perekonomian, tak hanya di Indonesia tapi juga di sebagian besar negara lainnya.

Baca juga: Transparansi Penyaluran Banpres Produktif UKM, Kemenkop UKM Gandeng KPK

Meski demikian, Kepala Negara mengajak para pelaku usaha untuk tetap menjaga asa. Bantuan Presiden Produktif yang dialokasikan pemerintah ini diharapkan dapat meringankan beban usaha bagi mereka, pelaku usaha mikro, yang terdampak pandemi.

Hadir dalam acara penyerahan tersebut di antaranya ialah Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya. (johara/tha)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->