Hari Listrik Nasional ke-75, YLKI MInta PLN Minimalisir Keluhan Pelanggan

Jumat 30 Okt 2020, 13:50 WIB
Proyek infrastruktur PLN di daerah. (ist)

Proyek infrastruktur PLN di daerah. (ist)

JAKARTA – Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, upaya pemetintah dan PT PLN untuk melistriki seluruh rakyat Indonesia hingga mencapai lebih dari 99 persen, patut diapresiasi.

Beberapa inci lagi 100 persen rakyat Indonesia akan menikmati energi listrik.

"Namun, pemerintah dan PLN jangan hanya terfokus pada daerah-daerah yang bisa dijamah oleh PLN. Untuk  daerah lain yang isolated juga harus digarap secara serius," kata  Tulus Abadi, Jumat (30/10/2020)

Baca juga: 75 Tahun PLN Hadir, Akses Listrik di Indonesia Disebut Kian Merata

Selain itu PT PLN harus menjaga keandalan pasokan, lanjutnya, khususnya di area yang sistemnya belum baik. 

"PLN  harus meminimalisir keluhan dan pengaduan konsumen yang saat ini masih dominan, terutama aspek penertiban P2TL, dan juga kesalahan baca meter, yang mengakibatkan melambungnya tagihan listrik milik konsumen," katanya.

Sebelumnya, Peringatan Hari Listrik Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2020 menandakan 75 tahun perjuangan PLN melistriki negeri.

Baca juga: Gorong-gorong depan Istiqlal Ngebul, PLN Sebut Ada Upaya Pencurian Kabel

Dari waktu ke waktu, PLN terus berupaya menghadirkan listrik hingga ke seluruh negeri, dari perkotaan, pedesaan, bahkan hingga daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal).

PLN mengklaim kini akses listrik semakin merata. Semakin banyak masyarakat dan wilayah yang dapat terlistriki.

Perkembangan rasio elektrifikasi (RE) nasional dalam 5 tahun terakhir tumbuh 11 persen.

Baca juga: PLN Resmi Tingkatkan Jam Nyala Listrik di 5 Distrik Jadi 24 Jam

Hingga bulan September 2020, tercatat telah mencapai 99,15 persen, sementara pada tahun 2015 baru mencapai 88,3 persen.  (rizal/tri)

Berita Terkait
News Update