Antisipasi Musim Penghujan, 668 Petugas Pemadam Disiagakan

Sabtu, 24 Oktober 2020 20:44 WIB

Share
Antisipasi Musim Penghujan, 668 Petugas Pemadam Disiagakan

JAKARTA - Antisipasi genangan dan banjir, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, menyiagakan 668 personel. Mereka akan berjaga untuk melakukan evakuasi hingga penyelamatan lain dalam bencana tersebut.

Kasudin Gulkarmat Jakarta Timur, Muchtar Zakaria mengatakan, menghadapi musim penghujan ini, pihaknya sudah bersiaga. Dimana seluruh personel disiagakan di sepuluh sektor Gulkarmat yang ada di Jakarta Timur.

"Sebanyak 668 personel ini kami siagakan untuk penanggulangan genangan, banjir maupun bencana lainnya,” ujarnya, Sabtu (24/10).

Dikatakan Muchtar, personil tersebut bersiaga di 10 kecamatan yang ada untuk mempercepat proses evakuasi. Sehingga bila diperlukan, dalam waktu singkat petugas langsung mengarah ke lokasi bencana maupun genangan. "Petugas sendiri bersiaga 24 jam untuk mengantisipasinya berbagai kejadian yang ada," ujarnya.

Selain menyiagakan personel, pihaknya juga menyiagakan sarana prasarana dalam penanggulangan bencana. Rinciannya, mobil pompa sebanyak 37 unit, mobil rescue 10 unit dan mobil pendukung 17 unit. Kemudian perahu karet 37 unit, perahu fiber 22 unit, perahu rubber 15 unit.

"Ada juga pompa apung enam unit, pompa apung yang disiapkan di mobil ada enam unit, pelampung 140 unit dan dayung 114 unit," paparnya.

Selama ini, sebelum musim penghujan datang, sambung Muchtar, pihaknya juga terus bergerak. Dimana petugas pemadam rutin melakukan penyemprotan gorong-gorong, serta membantu petugas lainnya dalam membersihkan saluran.

"Semaksimal mungkin kami akan dukung semua penganan banjir baik di awal hingga pada puncaknya," tutup Muchtar. (Ifand/win)

Reporter: Winoto
Editor: Winoto
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar