ADVERTISEMENT

Saluran Air Sepanjang 500 Meter Dibersihkan Petugas Gabungan

Jumat, 23 Oktober 2020 20:04 WIB

Share
Saluran Air Sepanjang 500 Meter Dibersihkan Petugas Gabungan

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Cegah genangan menjelang datangnya musim hujan, petugas gabungan kecamatan Ciracas, Jakarta Timur menguras saluran air yang ada disepanjang Jalan Raya Bogor. Upaya itu dilakukan agar air lebih mudah mengalir ke Kali Baru sehingga tidak terjadi genangan.

Camat Ciracas, Mamad mengatakan, dalam upaya pencegahan banjir itu, pihaknya melakukan pembersihan saluran air bersama 80 petugas gabungan. Mulai dari PPSU, satgas Sumber Daya Air (SDA) hingga pemadam diterjunkan dalam aksi tersebut.

"Yang dibersihkan itu saluran air sepanjang 500 meter di kawasan Keong, Jalan Raya Bogor," katanya, Jumat (23/10).

Baca juga: Antisipasi Banjir, PPSU Kelurahan Wijaya Kusuma Bersihkan Saluran Air

Pengurasan saluran air, kata Mamad, untuk menyelesaikan permasalahan genangan di wilayah Kelurahan Ciracas. Sehingga ketika hujan mulai turun, air lancar dan tak ada lagi genangan.

"Harapannya tak ada lagi genangan terutama di wilayah RT 001/08 Kelurahan Ciracas, dengan pengurasan saluran air yang dilakukan," ungkapnya.

Dalam pengurasan saluran air itu, sambung Mamad, pihaknya juga melibatkan petugas pemadam kebakaran. Hal itu agar mereka melakukan penyemprotan di gorong-gorong yang sulit dibersihkan.

"Pemadam kebakaran telah mencoba menyemprot di kolong Jalan Raya Bogor, tetapi tidak bisa dibersihkan sepenuhnya sedimen lumpur yang ada karena ada kabel," ungkapnya.

Agar pengurasan saluran air berjalan maksimal, lanjut Mamad, pengerjaan itu akan dilakukan hingga tiga hari kedepan. Sehingga sedimen lumpur yang sebelumnya menghambat, bisa membuat saluran air kembali lancar.

“Semoga saat hujan turun dengan deras tidak menimbulkan genangan minimal mengurangi banjir di wilayah Jakarta Timur," pungkasnya. (Ifand/tha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT