ADVERTISEMENT

Rektor: UNJ Bertekad Jadi Kampus Bereputasi di Tingkat Asia

Jumat, 23 Oktober 2020 09:00 WIB

Share
Rektor: UNJ Bertekad Jadi Kampus Bereputasi di Tingkat Asia

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA -  Raktor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Komarudin  mengatakan, pihaknya  akan terus bekerja keras untuk mencapai prestasi maksimal.

Sebab saat ini, dalam peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia  tahun 2020 oleh Kemendikbud, UNJ berada pada peringkat ke-20.

" Naik signifikan dari peringkat ke-59 tahun sebelumnya. Kata  kuncinya fokus dan serius, kedua terstruktur dan terukur. Itu harus," kata Rektor UNJ Komarudin dalam acara  Media Gathering dengan kalangan jurnalis Forum Wartawan Pendidikan dan Kebudayaan (Fortadik)   di kampus UNJ, Jakarta, Kamis (22/10/2020).

Turut hadir empat Wakil Rektor UNJ yakni Wakil Rektor I Suyono, Wakil Rektor II Agus Dudung, Wakil Rektor III Abdul Sukur, Wakil Rektor IV Totok Bintoro, Kepala LP2M UNJ Muhammad Zid dan Kepala LP3 UNJ Ucu Cahyana.

Komarudin mengutarakan ditengah capaian yang positif tersebut, akibat tahun 2015  UNJ terkena masalah kasus plagiarisme oleh temuan tim Evaluasi Kinerja Akademik (EKA) Kemenristek Dikti sehingga akreditasi UNJ masih berada pada akreditasi B.

"Kendati UNJ berhasil meraih peringkat 20 pada klasterisasi perguruan tinggi nasional tahun 2020 namun akreditasinya masih B sementara perguruan tingg lainnya berakreditasi A. Hal ini akibat 2015 terjadi kekeliruan tata kelola yang kini kami perbaiki. Kami akan ikuti aturan pemerintah atau Kemendikbud yang berlaku memasukan kembali proses perbaikan akreditasi yang sesuai standar bahkan dapat melampaui standar," paparnya.

Selin itu, UNJ bertekad  menjadi kampus bereputasi  di tingkat Asia.  Maka publikasi  ilmiah  internasional di jurnal  terindex Scopus terus digenjot. Hingga kini artikel imiah tersebut telah  mencapai 1.500 artikel.

 "Kami berkomitmen meningkatkan kualitas  menuju reputasi di  Asia.saat ini sejumlah capaian ilmiah terus meningkat seperti publikasi internasional terindeks Scopus di lingkungan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan atau LPTK mencapi  1.500 artikel," bebernya.

 Capaian UNJ lainnya adalah  perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HKI ) sebanyak 1.733 dari Science  andTechnology Index (SINTA) Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

"Capaian HKI dari SINTA Kemenristek BRIN ini menempatkan UNJ pada peringkat 4 nasional dibawah UI sebanyak 3.122 HKI, Universitas Brawijaya 2.612 HKI, dan UGM sebanyak 2.593 HKI," papar Komarudin. (rizal/tri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT