Download E-Paper

Menlu AS Mike Pompeo Bakal Kunjungi Indonesia, Hadir di Acara GP Ansor

Jumat, 23 Oktober 2020 - 14:31
Menlu AS Mike Pompeo. (Ist)

JAKARTA - Menlu AS Mike Pompeo dikabarkan akan mengunjungi Indonesia. Selain bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Mike Pompeo juga diagendakan hadir di acara GP Ansor salah satu ormas pemuda yang berafiliasi dengan NU.

"Selain melakukan pertemuan bilateral dengan saya, Menlu AS Pompeo juga dijadwalkan akan hadir dalam forum Gerakan Pemuda Ansor terkait dialog agama dan peradaban," kata Retno dalam press briefing virtual Kemlu.

Namun Retno Marsudi masih enggan mengungkapkan tanggal pasti kunjungan Pompeo.

"Persiapan terus dibahas, termasuk dalam pertemuan saya kemarin dengan Dubes AS yang baru, Duta Besar Sung Y.Kim," lanjut Retno.

Baca juga: Menlu AS Berharap Negara-Negara Arab Mau Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

Retno mengatakan, kunjungan Pompeo menandakan kokohnya kemitraan Indonesia dan AS. 

"AS menjadi salah satu mitra penting Indonesia. RI ingin terus membangun kemitraan yang kokoh dan saling menguntungkan dengan AS," ucapnya.

"Komitmen kuat peningkatan kemitraan akan tercermin dengan intensifnya saling kunjung pejabat kedua negara, bahkan di masa pandemi," lanjut Retno.

Berdasarkan jadwal yang dirilis Kemlu AS, Pompeo akan menggelar rangkaian kunjungan ke Asia pada 25-30 Oktober. Dimana salah satu negara yang dikunjungi adalah Indonesia. Pembahasan mengenai Visi Indo-Pasifik liberal dan terbuka akan menjadi pembahasan.

Kunjungan Pompeo ini dilakukan seiring dengan masih berlangsungnya ketegangan AS vs China, termasuk soal isu Laut China Selatan.

Lawatan Menlu AS Pompeo pekan depan adalah kunjungan keduanya ke Indonesia. Dimana sebelumnya Pompeo melawat ke Indonesia pada tahun 2018 yang kala itu bertemu dengan Menlu Retno dan Presiden Jokowi. (tha)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->