Wapres: Jumlah Santri 18 Juta, Potensi Besar Sejahterakan Masyarakat

Kamis, 22 Oktober 2020 20:15 WIB

Share
Wapres: Jumlah Santri 18 Juta, Potensi Besar Sejahterakan Masyarakat

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin  memaparkan, data Kementerian Agama mencatat, saat ini terdapat 18.49 juta santri dari 28.194 pondok pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah santri yang besar itu punya potensi menyejahterakan masyarakat.

"Dengan jumlah yang besar tersebut, maka santri dan pesantren memiliki potensi yang baik untuk menyejahterakan umat dan masyarakat sekelilingnya baik dalam bidang sosial maupun ekonomi," kata Ma'ruf.

Wapres Mar'uf menyampaikan itu pada acara Peresmian Pembukaan Seminar Internasional Santri Millenial 2020 dan Peluncuran Program-Program Pesantren An Nawawi Tanara melalui konferensi video di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Kamis (22/10).

Dia mendorong santri dan pesantren turut berkontribusi aktif demi kemajuan bangsa, menekan angka kemiskinan di masyarakat dan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia.

Wapres menandaskan jumlah yang sangat besar dan merupakan sebuah potensi yang perlu dikembangkan dalam mengembangkan ekonomi umat. Hal ini sejalan dengan harapan saya agar pesantren tidak hanya sebagai pusat pencetak ulama, tetapi juga harus mampu menjadi pusat pemberdayaan ekonomi.

Wapres menyambut baik sinergi yang dilakukan oleh Pesantren An Nawawi Tanara dengan Sekolah Tinggi Ilmu Fiqih Syeikh An Nawawi Tanara, Santri Milenial Center (SiMaC), Aksi Santri Tanggap Bencana (ASTANA), Koperasi Santri Millenial Nusantara (KMSN), dan Kedaulatan Santri (KESAN) dalam melahirkan program dan aplikasi sebagai bentuk nyata bakti santri untuk memberdayakan ekonomi umat.

Wapres juga menyambut baik berbagai inovasi yang lahir di pesantren seperti, Inovasi layanan Mobile Aplikasi Islami KESAN. Aplikasi ini akan meningkatkan pengetahuan para santri dan umat secara luas melalui layanan programnya yaitu ceramah dan pembelajaran kitab. KESAN terus hadir untuk menyebarkan nilai-nilai Islam yang moderat.

"Saya mendorong ke depan agar lebih banyak kolaborasi yang lahir antar santripreneur, maupun bekerja sama dengan pelaku industri besar sehingga membawa kesejahteraan bagi umat,”  Wapres berpesan.

Hadir mendampingi Wapres, Isteri Wakil Presiden Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar. (johara/win)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar