Download E-Paper

Puluhan Ribu Personil Gabungan TNI-Polri Amankan Aksi Demo UU Cipta Kerja

Selasa, 20 Oktober 2020 - 13:56
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. (ist)

JAKARTA - Total 20.587 personil gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan jalannya aksi unjuk rasa oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) dan elemen buruh di kawasan Jalan Medan Merdeka, Jakpus, Selasa (20/10/2020).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, dari jumlah tersebut sekitar 10.587 personel ditempatkan di titik-titik demo Patung Kuda dan area kawasan menuju Istana Negara. 

"Sedangkan 10 ribu personel cadangan lainnya stand by di dua titik di Monas dan Gedung DPR/MPR. 10 ribu personel ini nanti akan melihat situasi yang ada apa perlu menambah personel lagi untuk lapis kekuatan," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Selasa (20/10/2020).

Baca juga: 1.200 Personil Gabungan Polres Jaksel Disiagakan Pada Demo UU CIptaker

Selain itu, kata Yusri personil yang disiapkan tersebut juga turut menjaga di sentra-sentra ekonomi dan objek strategis yang dinilai rawan terjadinya aksi massa.

"Ada beberapa sentra perekonomian yang kita lakukan pengamanan, kita lapis di sana. Kemudian ada sentra perbelanjaan, mall yang kita nilai rawan kita siapkan pengamanan di situ," ucap Yusri.

Seperti diberitakan, sebanyak 5.000 massa dari Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) hari ini akan kembali turun kejalan. Aksi tersebut juga akan diikuti beberapa serikat buruh menolak UU Cipta Kerja.

Baca juga: Polsek Cimanggis Lakukan Penyekatan Massa Demo UU Cipta Kerja ke Jakarta

Untuk mengamankan aksi unjuk rasa yang akan berlangsung sekitar pukul:13.00 wib di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. 

Personil gabungan TNI Polri ditebar di beberapa titik di area Istana Negara, penyekatan di perbatasan wilayah, hingga penjagaan di pusat-pusat keramaian dan objek vital. 

Pihak kepolisian juga sudah menutup semua akses yang menuju area Istana Negara. Sehingga masyarakat diminta untuk menghindari kawasan Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. (ilham/tha)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->