Download E-Paper

Puluhan Kilogram Sampah Hasil Gerebek Lumpur Ditabung Ke Bank Sampah Berkah

Jumat, 02 Oktober 2020 - 17:21
Petugas PPSU menabung sampah plastik hasil gerebek lumpur di setiap RW Kelurahan Tugu Selatan.  (deny)

JAKARTA - Puluhan kilogram sampah plastik berhasil diangkut petugas saat 'gerebek lumpur' di wilayah Kelurahan Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara. Sampah hasil kegiatan pun, menjadi tabungan di Bank Sampah Berkah.

Lurah Tugu Selatan, Sukarmin mengatakan, bahwa 'gerebek lumpur' dilakukan di setiap RW. Kegiatan berlangsung dalam rangka antisipasi banjir di musim penghujan.

"Setelah dikumpulkan sampah plastik hasil gerebek lumpur di setiap RW, sebanyak 60 kilogram didapat. Dan sampah itu dibawa ke bank sampah untuk dikonversikan," ucapnya, Jumat (2/10/2020).

Baca juga: Pemkot Jakut dan TNI AL Gerebek Lumpur Kali BGR Kelapa Gading

Sukarmin menambahkan, dalam 'gerebek lumpur' tersebut bukan hanya lumpur yang dibersihkan dari dalam saluran air.

"Sampah kantong plastik kresek, bungkus jajan warung, gelas minuman sampai dengan botol-botol bekas, semua kita angkat dari saluran," tambahnya.

Dari sampah plastik yang berhasil diangkat, Sukarmin menerangkan seluruhnya kemudian dikumpulkan dan ditabung ke Bank Sampah Berkah.

"Tentunya sudah melalui proses pembersihan. Sampah plastik berupa gelas dan botol tersebut ditabung ke Bank Sampah Berkah Kelurahan Tugu Selatan. Untuk hasilnya diperkirakan sampai dengan 60 kilogram," tuturnya.

Untuk kedepannya, Kelurahan Tugu Selatan menghimbau agar masyarakat mau memisahkan sampah plastik yang dimiliki dan menabungnya di bank sampah. Tujuannya selain bernilai ekonomi, juga bagian dari upaya menjaga lingkungan dan mencegah bencana banjir. (deny/tha)

 

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->