Download E-Paper

Cai Changpan Dipastikan Tewas Akibat Gantung Diri

Senin, 19 Oktober 2020 - 14:15
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana

JAKARTA – Nara pidana yang kabur dari Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Klas I Tangerang, Cai Changpan alias Cai Ji Fan, 53 dipastikan tewas akibat gantung diri. 

Kepastian penyebab kematian bandar narkotika yang dihukum mati tersebut diketahui dari hasil outopsi yang dilakukan pihak RS Polri Kramajati, Jaktim.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan, penyebab kematian Cai Changpan dari hasil autopsi adalah terdapat luka lecet tekan yang melingkari leher berjalan dari kiri bawah ke kanan atas. 

Baca juga: Tim Gabungan Kerahkan Anjing Pelacak untuk Memburu Napi Cai Changpan

"Jadi penyebab matinya orang adalah akibat kekerasan tumpul pada leher yang menyumbat jalan napas sehingga menyebabkan mati lemas," kata Nana di Polda Metro Jaya, Senin (19/10/2020).

Selain itu juga tidak ditemukan luka-luka lain ditubuh Cai Changpan dan tes penyaring napza dan alkohol dari kilasan urine negatif. Nana menambahkan, dari hasil pencocokan identifikasi, jasad yang tewas gantung diri itu adalag Cai Changpan. 

Hal itu setelah didapatkan beberapa kecocokan dari jasad tersebut. "Setelah kami temukan yang bersangkutan gantung diri hasil identifikasi beberapa ciri-ciri identik dengan terpidana mati. Sidik jari, maupun tatto nya," ucap Nana.

Baca juga: Gegara Puntung Rokok, Bengkel Terbakar 15 Mobil dan 3 Motor Hangus

Sebelumnya, Napi Lapas Cai Changpan kabur tari tahanan, pada Senin (14/9/2020). Napi tersebut kabur dengan menggali lubang di dalam tahanan 30 meter lalu keluar lewat gorong-gorong. Ia kemudian kabur ke rumah istrinya dan masuk ke hutan Tenjo, Bogor.

Bandar narkoba asal China ini divonis hukuman mati oleh Pengadilan Tinggi (PT) Banten, pada 19 Juli 2017 karena terbukti menyelundupkan dan mengedarkan 110 kg shabu di Banten. 

Dari Cai Ji Fan, polisi menyita 20 kg shabu, pada Oktober 2016. Kemudian dikembangkan menemukan pabrik ban vulkanisir di Kabupaten Lebak. Dilokasi kembali disita 90 kg shabu disimpan dalam lima pompa. (ilham/m5/tri)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->