ADVERTISEMENT

DPRD DKI Jakarta Soroti Program Rumah DP 0 Rupiah, Ada Apa?

Minggu, 18 Oktober 2020 15:50 WIB

Share
DPRD DKI Jakarta Soroti Program Rumah DP 0 Rupiah, Ada Apa?

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Dalam 3 tahun kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sejumlah anggota dewan mengkritik janji kampanye Anies yang belum maksimal realisasinya. Dari sejumlah kritikan janji kampanye yang paling disoroti ialah terkait dengan penyediaan rumah DP 0 Rupiah.

Salah satu yang mengkritisi adalah Anggota Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta, Ahmad Lukman Jupiter. Menurutnya 3 tahun kepemimpinan Anies masih belum sepenuhnya janji saat kampanye ditunaikan. Salah satu diantaranya  tentang rumah DP 0 Rupiah.

Jupiter menjelaskan, terkait pembangunan rumah DP 0 Rupiah, menurutnya belum sepenuhnya terealisasi. Pasalnya, hingga saat ini menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS) di Ibukota, Kurang lebih ada 5 juta warga yang belum memiliki rumah.

"DP 0 persen (Rupiah) sampai saat ini belum terlaksana. Kemudian rusunawa yang sudah dia bangun dan itupun di Jakarta Barat masih kosong. Ini ada apa? terus Dinas Perumahan ini selaku yang menjalankan program ini kok kelihatannya santai-santai saja, ini sudah tiga tahun," ucap Jupiter saat dihubungi wartawan, Jumat (16/10/2020).

Baca juga: Ini Contoh Rumah DP 0 Persen di Rorotan Cilincing

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Sarjoko mengklaim, justru peminat Rumah DP 0 Rupiah sangat tinggi.

"Peminat hunian DP Nol Rupiah sangat tinggi. Namun demikian tentu harus dilakukan verifikasi dan validasi data administrasi maupun keuangan pemohon, agar profil penerima manfaat dipastikan sesuai dengan target sasaran sesuai ketentuan yang berlaku," ungkapnya, saat dihubungi, Minggu (18/10/2020).

Sarjoko mencontohkan, seperti rumah DP 0 Rupiah, Perumnas di Bandar Kemayoran, Jakarta Pusat dan Sentraland Cengkareng, Jakarta Barat dari 94 unit tersedia sudah terjual 41 unit atau sekitar 43,6 persen.

Baca juga: Anies Kembali Omong Soal Rumah DP 0 Persen

Adapun untuk Menara Samawa, Pondok Kelapa, Jakarta Timur yang masih dalam proses Unit Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera (UFPRS) Sebanyak 637, undangan lihat showunit 6.051, yang melihat showunit ada 2.445, dalam proses bank sebanyak 52, proses putusan bank ada 14.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT