ADVERTISEMENT

Kampanye 3M dan 3T Sukses Tekan Kasus Covid-19 di Kecamatan Cilincing

Jumat, 16 Oktober 2020 16:45 WIB

Share
Kampanye 3M dan 3T Sukses Tekan Kasus Covid-19 di Kecamatan Cilincing

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Kasus positif Covid-19 di wilayah Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara mengalami penurunan, seiring dengan gencarnya sosialisasi gerakan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak) dan 3T (testing, treatmen, tracking) kepada warga.

Begitu pun tingkat kesembuhan warga yang terpapar Covid-19 tercatat meningkat jika dibandingkan pada pekan pertama dan kedua Oktober 2020.

“Alhamdulillah, dengan sosialisasi 3M, 3T pemutusan rantai Covid-19 klaster keluarga serta sosialisasi peningkatan imunitas maka terjadi penurunan kasus positif dan peningkatan pasien sembuh," ucap Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, Edison Syahputra, Jumat (16/10/2020).

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dijelaskannya kurva kasus positif Kecamatan Cilincing pada pekan pertama (5-11 Oktober) menurun dari 136 orang menjadi 65 orang pada pekan ke dua (12-16 Oktober).

Baca juga: 8 Pasien Covid-19 Sembuh Usai Jalani Perawatan di RLC Tangsel

Sedangkan kurva kasus sembuh dalam rentan waktu yang sama terjadi kenaikan dari 34 orang menjadi 72 orang.

“Dari data ini jika kami amati ada perbandingan lurus antara edukasi 3M dan 3T. Dengan artian bahwa masyarakat semakin memahami bagaimana cara mengantisipasi agar tidak tertular Covid-19 dan partisipasi masyarakat terhadap 3T yang dilakukan pemerintah,” jelasnya.

Dipastikannya, pemeriksaan (Testing) telah dilakukan secara kontinu diberbagai kelurahan di Kecamatan Cilincing sebagai langkah pelacakan (Tracing) terhadap penyebaran Covid-19.

Begitupun pengobatan (Treatment) yang dilakukan dengan pemantauan warga yang terpapar Covid-19, baik melakukan isolasi mandiri di rumah, isolasi terpadu, maupun rumah sakit.

“Setiap hari petugas medis selalu melaksanakan 3T. Program ini tentunya perlu dukungan aktif dari masyarakat. Yang pasti masyarakat jangan pernah puas dengan data saat ini dan selalu melaksanakan 3M dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) kapan pun dan dimana pun berada,” tutupnya. (deny/tha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT