Demo Tolak UU Cipta Kerja, Polda Kalsel Amankan Total 374 Orang

Jumat, 16 Oktober 2020 19:33 WIB

Share
Demo Tolak UU Cipta Kerja, Polda Kalsel Amankan Total 374 Orang

BANJARMASIN - Polda Kalimantan Selatan mengamankan 374 orang saat menggelar aksi unjuk rasa menolak UU Cipta Kerja Omnibus Law di depan DPRD Kalsel, pada Kamis (15/10/2020) kemarin.

Dari jumlah tersebut, 371 orang diantaranya merupakan laki-laki sedangkan 13 lainnya wanita. Mayoritas pendemo tersebut masih berstatus pelajar berusia 13 hingga 22 tahun. Satu diantara pendemo ditetapkan sebagai tersangka lantaran membawa senjata tajam.

Petugas juga melakukan rapid test terhadap mereka dan ditemukan ada 5 orang reaktif Covid-19, dimana 4 laki-laki serta 1 wanita. Selanjutnya mereka dilakukan test swab di Rumah Sakit Bhayangkara Banjarmasin Polda Kalsel. 

Baca juga: Polda Kalsel Amankan Trenggiling Hendak Dijual Pelaku

Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta, mengatakan ratusan demonstran tanpa identitas ini diduga adalah para penyusup pada saat unjuk rasa. Akibatnya, kerusuhan saat demo tak dapat dihindari.

“Diamankannya ratusan orang ini untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan saat berlangsungnya aksi demo menolak Omnibus Law Cipta Kerja kemarin,” kata Nico, Jumat (16/10/2020)

Dikatakan, massa aksi yang diamankan diantaranya berstatus pelajar, mahasiswa, buruh dan tidak bekerja. Pada saat diamankan sebagian dalam kondisi pengaruh minuman keras serta tidak memiliki identitas diri seperti Kartu Pelajar maupun kartu tanda penduduk (KTP). 

Baca juga: Kapolda Kalsel Musnahkan Ratusan Gram Sabu dengan Mobil Mixer

"Bahkan saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas, ditemukan satu bilah senjata tajam jenis Badik dari salah satu massa aksi. Jadi tujuan dari massa ini juga tidak jelas," ucapnya.

Ratusan massa aksi tersebut diberikan pembinaan oleh petugas kepolisian serta dilakukan pendataan dengan memanggil orang tuanya. Jika tidak ditemukan unsur tindak pidana mereka diperbolehkan pulang. (ilham/win)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar