Download E-Paper

Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

Kamis, 15 Oktober 2020 - 06:00
Presiden Jokowi selalu pakai masker.

PROTOKOL kesehatan kini menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Mematuhi protokol kesehatan harus menjadi kewajiban guna menekan angka penyebaran Covid-19 yang kian hari semakin bertambah. 

Sikap agresif tim kesehatan mencari ‘suspect’ Covid-19, di satu sisi sebagai strategi menekan angka penyebaran dengan melakukan langkah pemetaan. Tapi di sisi lain, upaya pencegahan lewat cara mematuhi protokol kesehatan ‘3M’ juga harus gencar dilakukan. 

Kepatuhan warga dan kesadaran warga akan pentingnya menjaga kesehatan, saat ini masih terbilang rendah. Terbukti setiap hari masih banyak pelanggaran PSBB, dan masih banyak warga yang kena sanksi. Alhasil, penularan virus corona terus terjadi. 

Ada dua cara untuk meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya ‘3M’ yakni Memakai Masker, Mejaga Jarak dan Mencuci Tangan. Pertama, gencar mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan demi melindungi dirinya, keluarganya dan orang lain.

Kedua, melalui langkah tegas penegakan hukum. Di Jakarta dan di daerah lainnya, sanksi tegas kini telah diterapkan. Ribuan pelanggar PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) seperti tidak mengenakan masker, dikenakan sanksi baik hukuman sosial, maupun denda. 

Langkah penegakan hukum, sebetulnya bukanlah langkah yang diharapkan. Kesadaran publik, menjadi hal yang utama dalam menegakkan protokol kesehatan. Karenanya, langkah menggugah kesadaran warga, melalui imbauan maupun patroli protokol kesehatan. 

Langkah yang dilakukan aparat kelurahan bersama polisi, TNI dan Satpol PP yang blusukan ke permukiman warga menyuarakan pentingnya ‘3M’ patut diapresiasi. Lewat sosialisasi ini, edukasi terus dilakukan sehingga kesadaran warga akan tumbuh. 

Patroli protokol kesehatan harus terus digiatkan supaya rasa tanggung jawab warga terhadap kesehatan diri sendiri, keluarga dan orang lain terus tumbuh. Dengan demikian, penularan Covid-19 bisa diminimalisir. Karena vaksin virus corona hingga kini belum diberikan ke masyarakat. mematuhi protokol kesehatan, saat ini menjadi vaksin terbaik. **

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->