Masjid Jakarta Islamic Centre Mulai Gelar Salat Jumat Pertama 16 Oktober

Kamis, 15 Oktober 2020 19:45 WIB

Share
Masjid Jakarta Islamic Centre Mulai Gelar Salat Jumat Pertama 16 Oktober

JAKARTA - Masjid Raya Jakarta Islamic Centre Jakarta Utara, Jl Kramat Jaya Raya, Jakarta Utara mulai melaksanakan Salat Jumat pertama pada Jumat, pada 16 Oktober 2020, setelah ditutup karena adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Pemprov DKI Jakarta.

 Kepala Sub Divisi Dakwah PPPIJ Jakarta Islamic Centre Ma’arif Fuad dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (15/10)  menjelaskan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre selama masa transisi.

Adapun ketentuan dari pelaksanaan ibadah di Masjid JIC adalah sebagai berikut:  Masjid dibuka untuk kegiatan peribadatan dengan kapasitas 50%; Menerapkan protokol kesehatan; Melakukan pengukuran suhu tubuh bagi seluruh jamaah dan pengunjung.

Baca juga: Meski Tangerang PSBB, Masjid Raya Al Azom Tetap Gelar Salat Jumat

Selain itu, memberitahukan setiap jamaah untuk membawa sendiri perlengkapan ibadah; Melakukan pembatasan interaksi fisik dengan rentang jarak paling sedikit 1 (satu)   meter antar jamaah.

Membersihkan masjid / tempat ibadah dan lingkungan sekitar; melakukan disinfeksi pada lantai, dinding dan perangkat bangunan tempat ibadah sebelum dan sesudah kegiatan ibadah; melaksanakan pencatatan jamaah/pengunjung baik buku tamu atau dengan sistem teknologi dan mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh organisasi keagamaan.

Sementara itu Kepala Sekretariat PPPIJ Jakarta Islamic Centre Ahmad Juhandi, mengemukakan bahwa Masjid JIC akan melaksanakan pencatatan jamaah secara manual dengan buku tamu.

Baca juga: PSBB Ketat, Masjid Fatahillah Balaikota Tidak Gelar Salat Jumat

Pelaksanaan pencatatan jamaah dengan buku tamu akan mulai dilaksanakan pada saat shalat Jum'at tanggal 16 Oktober 2020 dan akan dievalusi untuk menentukan mekanisme yang paling baik yang bisa digunakan dalam pencatatan jamaah ini.

Ahmad berharap semua elemen masyarakat untuk sama-sama ikut berperan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 ini termasuk para jamaah Masjid Raya JIC dengan mengisi buku tamu kehadiran di Masjid Raya JIC dengan alamat yang lengkap dan data yang benar.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar