JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Jepang (KBRI Tokyo) bersama Bank Indonesia (BI), Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meluncurkan dashboard ekonomi Japan-Indonesia Partnership Lounge (JAIPONG) diluncurkan secara virtual.
Sebagai bentuk inovasi dalam diplomasi ekonomi, JAIPONG merupakan platform data yang terintegrasi secara Current, Reliable, Accurate, Timely (CRAT) guna menyajikan informasi komprehensif terkait berbagai peluang kerja sama ekonomi bilateral Indonesia–Jepang.
Sekaligus turut memperkenalkan investasi di Indonesia guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Dashboard ini diharapkan dapat menjadi pusat informasi khususnya di bidang ekonomi.
Perdagangan Indonesia dan Jepang telah dimudahkan dengan platform dashboard ekonomi Indonesia yang bernama Japan-Indonesia Partnership Lounge atau disebut Jaipong.
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, dengan adanya Jaipong bisa membuka peluang ekonomi Indonesia ke global. Jaipong adalah hasil kerjasama KBRI Tokyo dengan dengan Bank Indonesia, Kementerian Perdagangan dan BKPM. Hal ini sebuah platform data yang terintegrasi secara Current, Reliable, Accurate, Timely (CRAT).
"Sinergi, tranformasi dan inovasi adalah tiga kata kunci dalam kita memanfaatkan peluang dari ekonomi global semaraknya digitalisasi bagi kepentingan perekonomian nasional," kata Perry dalam video virtual, Rabu (14/10/2020).
Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, menyampaikan langkah-langkah kreatif yang dipadukan dengan pemanfaatan teknologi digital diyakini mampu meningkatkan ekspor dan perdagangan.
Senada dengan hal tersebut, Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia mengatakan perlunya adaptasi, inovasi dan transformasi di tengah pandemi. Peluncuran Jaipong merupakan upaya serius untuk menjembatani info terkini dalam perbaikan kemudahan berusaha.
JAPOING memiliki 5 keunggulan utama, antara lain pertama, fitur bank data dan policy tracker yang selalu diperbarui, kedua desain tampilan yang ramah, elegan, interaktif, dan mudah dipahami serta ketiga, menjadi one stop hub atau informasi yang lengkap terintegrasi dalam satu dashboard.
Sedang keempat, tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang dan kelima, dikembangkan oleh anak bangsa yang sedang berkuliah di Jepang.
Mengusung tema “Sinergi dalam Harmoni”, dashboard JAIPONG diharapkan dapat menjembatani kebutuhan investor/mitra Jepang ke sumber informasi di berbagai website dan informasi resmi dari Pemerintah Indonesia. (rizal/tha)