Satgas Prihatin Peserta Unjuk Rasa Banyak yang Reaktif Covid -19

Selasa, 13 Oktober 2020 23:38 WIB

Share
Satgas Prihatin Peserta Unjuk Rasa Banyak yang Reaktif Covid -19

JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito merasa prihatin  hasil pemeriksaan terhadap peserta aksi unjuk rasa banyak yang reaktif Covid-19.

"Ternyata menyampaikan aspirasi secara terbuka belakangan ternyata membawa dampak yang kurang baik terhadap penanganan Covid-19," kata Wiku dalam keterangannya yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (13/10/2020).

Dia memerinci sebarannya di Sumatera Utara ada 21 dari 253 demonstran, DKI Jakarta ada 34 dari 1.192 demonstran, Jawa Timur ada 24 dari 650 demonstran, Sulawesi Selatan ada 30 dari 261 demonstran, Jawa Barat ada 3 dari 39 demonstran, DI Yogyakarta ada 1 dari 95 demonstran. Sementara hasil testing di Jawa Tengah masih dalam tahap konfirmasi.

Baca juga: Penyebaran Covid-19 di Kota Tangerang Menurun, yang Sembuh Meningkat

"Ini adalah cerminan puncak gunung es dari hasil pemeriksaan yang merupakan contoh kecil saja bahwa virus ini dapat menyebar dengan cepat dan luas. Angka ini diprediksi akan meningkat dalam dua sampai tiga minggu kedepan," jelasnya.

Dalam mencegah penularan lebih lanjut dari peserta demonstran itu, Satgas Covid-19 menganjurkan para demonstran dari dua kelompok utama aksi unjuk rasa dilakukan pemeriksaan. Bagi demonstran mahasiswa menjadi tanggung jawab universitasnya.

"Kami himbau bagi pihak universitas yang mahasiswanya mengikuti kegiatan tersebut, untuk melakukan identifikasi serta testing. Bagi mahasiswa yang reaktif untuk segera ditelusuri kontaknya, dan sediakan lokasi isolasi yang terindikasi reaktif atau positif," ujarnya.

Baca juga: Tanpa Gejala dan Kondisi Sehat, Cristiano Ronaldo Positif Covid-19

Bagi demonstran kelompok buruh, perusahaan yang buruhnya mengikuti aksi agar membentuk Satgas Covid-19 tingkat perusahaan. Satgas perusahaan ini agar berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk melakukan screening kepada buruh yang mengikuti aksi penyampaian aspirasi. "Bagi yang hasil testingnya reaktif dapat segera ditelusuri kontaknya," saran Wiku. 

Tidak hanya itu, bagi anggota kepolisian yang bertugas mengamankan aksi unjuk rasa pun dianjurkan untuk melakukan testing.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar