ADVERTISEMENT

Kemkominfo Gelar JARKOM ASN yang Bertugas dalam Pengelolaan Media

Selasa, 13 Oktober 2020 12:00 WIB

Share
Kemkominfo Gelar JARKOM ASN yang Bertugas dalam Pengelolaan Media

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) menggelar JARKOM (Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom), pelatihan jurnalistik yang ditujukan kepada ASN (Aparatur Sipil Negara) yang bertugas sebagai pengelola media instansi di seluruh Indonesia.

JARKOM merupakan salah satu upaya Kominfo dalam mendukung  Inpres No. 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik. Di mana, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan kepada para Menteri, Kepala Lembaga Non Kementerian, Gubernur, dan Bupati/ Wali Kota untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi dan kewenangan dari masing-masing K/L dalam rangka mendukung pelaksanakan komunikasi publik. 

Lewat JARKOM, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo berharap bisa meningkatkan kemampuan teknis ASN untuk mengembangkan dan mengelola informasi pada instansi masing-masing; serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan jurnalistik dalam hal pembuatan konten (berita, foto, video dan grafis) terkait program pemerintah.

Baca juga: Kemenkominfo Raih Predikat WTP Empat Tahun Berturut-turut dari BPK

JARKOM digelar secara daring melalui webinar Zoom selama lima hari, mulai 12-16 Oktober 2020, dengan mengusung topik yang berbeda setiap harinya. Acara ini mendapat sambutan yang cukup baik dari para pengelola media instansi pemerintah di seluruh nusantara. Terbukti, hingga acara digelar tercatat sudah 600 orang ikut mendaftarkan diri.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Prof. Dr. Widodo Muktiyo, dalam sambutannya,  memberikan apresiasi luar biasa terhadap kegiatan yang digelar Direktorat Pengelolaan Media Kemkominfo ini. 

"Semoga kegiatan ini bukan hanya berhenti di program. Namun, outputnya juga terlihat dan data berkontribusi pada kanal-kanal di media yang dikelola Direktorat Pengelolaan Media,” ujar Widodo.

Baca juga: Bisnis Media Terpuruk, Upaya Penangkalan Berita Hoaks Terancam

Materi JARKOM ini yaitu teknik menulis berita online, konten kreatif lewat infografis, membuat foto jurnalistik, memaksimalkan konten audio visual, dan manajemen media. Setiap topik akan dibahas oleh narasumber dari Kominfo Newsroom dan beberapa praktisi media. (johara/ys)

ADVERTISEMENT

Reporter: Yulian Saputra
Editor: Yulian Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT