Menko Airlangga Berharap Perekonomian di Kuartal 4 Masuk Tren Positif

Senin, 12 Oktober 2020 18:43 WIB

Share
Menko Airlangga Berharap Perekonomian di Kuartal 4 Masuk Tren Positif

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan outlook akhir 2020 diharapkan memasuki tren positif pada kuartal 4.

"Berharap minimal kuartal 4, Indonesia mulai masuk tren positif, atau kurva V. Dan ujungnya diharapkan antara minus 1 sampai 0,6. Target kita netral alias reset, " jelas Airlangga dalam dialog di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas) di Graha BNPB Jakarta, Jumat (12/10/2020).

Ia melanjutkan, pihaknya optimis Purchasing Managers' Index (PMI) akan naik lagi setelah masa Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) di DKI Jakarta dibuka kembali.

Baca juga: Airlangga Hartarto Proyeksikan Ekonomi RI Kuartal III Membaik

“Kita melihat recovery daripada PMI, meskipun naik turun sedikit karena PSBB kemarin. Sebenarnya, sudah naik di atas 50, begitu ada PSBB lagi kita turun lagi 48 persen.  Tapi hari ini DKI Jakarta mulai PSBB transisi, diharapkan confident akan lebih tinggi," jelas Airlangga

Ia menambahkan, total dana pemerintah yang dititipkan di Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) atau BUMN naik menjadi Rp 47,5 triliun dari sebelumnya hanya Rp 30 triliun.

Airlangga menyatakan pemerintah menargetkan penyaluran kredit 3 kali lipat dari total dana yang ditempatkan.

Baca juga: Anies vs Airlangga

"Diharapkan leverage 3 kali, jadi bisa Rp150 triliun. Artinya, sesuai arahan Presiden, tidak hanya berbasis ekonomi APBN, tetapi ekonomi riil juga terdorong," pungkas dia. (Mita/win) 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar