Hacker Kembali Serang Situs Pemkot Sukabumi, Kali Ini 23 Kali Diserang

Senin, 5 Oktober 2020 17:10 WIB

Share
Hacker Kembali Serang Situs Pemkot Sukabumi, Kali Ini 23 Kali Diserang

SUKABUMI, POSKOTA-Hacker kembali menyerang situs milik Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi.

Kali ini, sebanyak 23 kali website Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi diserang peretas (hacker), dan Tim Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Sukabumi terus memburu pelakunya, namun hingga saat ini belum ditemukan.

"Dengan cepat kita mengatasi hal itu.  Hingga saat ini kami belum menemukan upaya peretasan lagi," ujar Kepala Bidang Infrastruktur TIK, Persandian, dan Irigasi Data Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi, Yuli Noviawan, Senin (5/10/2020).

Peretasan itu dilakukan cukup banyak, yakni 23 kali. Patroli cyber Kota Sukabumi dengan segera mendeteksi adanya penyusup itu yang kemudian menanganinya dengan cepat.

Yuli menjelaskan, kecepatan dalam mendeteksi dan perbaikan di dunia informasi harus ditingkatkan dan diperkuat karena pada perinsipnya sistem aman itu tidak ada.

"Ketika ada yang menyusup atau meretas, kita deteksi. Kita coba lakukan perbaikan, perbaikan, dan perbaikan," kata Yuli Noviawan lagi.

Menurut Yuli, Diskominfo Kota Sukabumi sudah memiliki tim  khusus untuk melakukan patroli Cyber untuk menjaga data-data dari aplikasi yang dimiliki pemerintah Kota Sukabumi.

"Di server kita ini ada sebanyak 149 aplikasi, milik pusat provinsi dan kota. Untuk Kota Sukabumi sendiri ada 56 aplikasi yang tersimpan di sini," katanya.

Yuli menambahkan, lamanya proses dan tingakat kesulitan perbaikan sistem yang diretas tergantung dengan tingkat kerusakannya.

"Makanya kita terus mengikuti perkembangan. Di dunia IT itu terus berkembang, makanya kita juga harus berkembang agar tidak ketinggalan," pungkasnya.(Poskota Jabar/hendra)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar