ADVERTISEMENT

Tampung Wirausaha, Alumni Universitas Padjadjaran Dirikan UMKM

Jumat, 2 Oktober 2020 09:10 WIB

Share
Tampung Wirausaha, Alumni Universitas Padjadjaran Dirikan UMKM

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Secara resmi Bumi Alumni sebagai wadah alumni Universitas Padjadjaran (Unpad) didirikan, di Hotel Hilton, Bandung,  Kamis (1/10/2020). 

Notaris Hilda Sophia mengatakan, dalam akte  tercatat 7 nama pendiri Perkumpulan Bumi Alumni, yakni  James Ibrahim,  Ary Zulfikar, Ferry Mursyidan Baldan, Dewi Tenty Septi Artiany,  Arie Budiman,  Engkus Kusnadi Anang  dan  R. Muharam Perbawamukti.

James Ibrahim didaulat sebagai Ketua Pengawas Perkumpulan BUMI ALUMNI, dibantu beberapa anggota Pengawas, masing-masing Ferry Mursyidan Baldan, Inda D Hasman, SH, Dr. Marni Emmy Mustafa, SH, MH, R. Muharam Perbawamukti, Prof. Dr. Eddy Damian, SH, dan Arie Budiman.

"Perkumpulan BUMI ALUMNI dibentuk untuk menampung aspirasi dari alumni-alumni Unpad yang menjadi pelaku wirausaha, yang lazim dikenal dengan UMKM. Kelahiran Perkumpulan Bumi alumni ini,  awalnya berkaitan dengan kontestasi Ketua IKA UNPAD. Selepas kontestasi IKA UNPAD tersebut, ternyata animo dari para alumni Unpad pelaku UMKM ini untuk membentuknya jejaring penguatan UMKM Alumni Unpad masih demikian kuat," kata Ary Zulfikar.

Komunitas UMKM Alumni Unpad ini mengklaim  sudah membangun platform baik itu digital maupun offline. Selain akan banyak kerja sama dengan beberapa pihak, baik itu dari kementerian maupun dari beberapa pelaku usaha besar, yang meminta berkolaborasi dengan Komunitas UMKM Alumni Unpad.

Ary Zulfikar mengatakan, ketika beraudiensi dengan KADIN Kota Bandung, pihaknya   mendapat tawaran kerja sama dalam konteks memperkuat bisnis para pelaku UMKM Alumni Unpad. Ketua KADIN Kota Bandung Iwa Gartiwa menyampaikan kepada Ary bahwa pihak KADIN siap membantu dalam pemasaran produk-produk para pelaku UMKM Alumni Unpad untuk tujuan pasar ekspor.

“Bertolak dari fakta-fakta itu lah, kami memandang perlu untuk membentuk satu badan hukum karena salah satu program kita, selain membantu para pelaku UMKM Alumni Unpad dalam aspek permodalan, adalah membantu untuk memperluas akses pemasaran pelaku UMKM Alumni Unpad. Pemasaran yang tidak hanya yang sifatnya lokal atau domestik, melainkan juga pasar internasional,” tutur Azu, sapaan akrab Ary Zulfikar. (rizal/tri)

ADVERTISEMENT

Reporter: Tri Haryanti
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT