ADVERTISEMENT

Hari Batik Nasional, Anies Ajak Jajarannya Pakai Batik Di Balaikota

Jumat, 2 Oktober 2020 15:39 WIB

Share
Hari Batik Nasional, Anies Ajak Jajarannya Pakai Batik Di Balaikota

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan kepada jajarannya untuk menggunakan batik saat berkegiatan di Balaikota Jakarta. Hal tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari batik nasional, yang jatuh hari ini, Jumat (2/9/2020).

Hari ini Jumat, 2 Oktober, semua peserta rapat di balaikota mengenakan batik, merayakan Hari Batik Nasional," ungkap Anies melalui akun Instagram pribadinya, Jumat (2/10/2020).

Baca juga: Hari Batik Nasional, Petugas Satpaas Depok Kenakan Pakaian Batik

Menurut Anies, saat ini banyak perancang busana yang membuat karyanya dengan memakai batik. Sehingga penggunaan batik sudah berkembang lebih modern dan tidak terkesan kuno.

"Pastinya banyak pihak menyebut itu adalah 'pelanggaran pakem'. Kini sejarah pelanggaran itu tak ada lagi yang tahu dan diingat. Bahkan hari ini batik pun bisa digunakan menjadi masker," jelas Anies.

Orang nomor satu di Jakarta itu pun meminta kepada perancangan busana untuk jangan takut melakukan terobosan yang membawa kebaruan dalam budaya. Anies pun memamerkan baju batik yang dipakainya hari ini merupakan buatan dari @imang_jasmine. Ia juga mengapresiasi semua pembatik di Indonesia yang terus menerus mengembangkan batik.

"Memang tugas kita bukan hanya berkomitmen untuk sekadar melestarikan tradisi/budaya, tapi kita harus terus mengembangkan dan memajukan budaya. Selamat Hari Batik Nasional," tutup Anies.

Baca juga: Hari Batik Nasional, Karyawan 'Berbatik Ria'

Seperti diketahui, Hari Batik Nasional jatuh tanggal 2 Oktober. Hal itu diputuskan setelah UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). (M4/Yono/tha)

 

ADVERTISEMENT

Reporter: Trias Haprimita
Editor: Trias Haprimita
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT