ADVERTISEMENT

Bio Farma Masuk Kandidat 7 Produsen Vaksin Covid-19, Momen Perkuat Holding Farmasi BUMN

Jumat, 2 Oktober 2020 09:47 WIB

Share
Bio Farma Masuk Kandidat 7 Produsen Vaksin Covid-19, Momen Perkuat Holding Farmasi BUMN

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto mengatakan Bio Farma merupakan perusahaan vaksin yang sudah berpengalaman lebih dari 100 tahun sehingga menjadi hal yang wajar masuk dalam daftar calon produsen vaksin Covid-19 dunia.

Menurut Toto, jika Bio Farma berhasil terpilih untuk memasok kebutuhan vaksin Covid-19 dunia internasional hal tersebut akan menjadi momentum yang tepat untuk menjadikan holding farmasi Indonesia sebagai salah satu pemain vaksin kelas dunia.

“Kalau benar terpilih maka bisa jadi momentum yang tepat untuk menjadikan holding farmasi Indonesia sebagai salah satu pemain vaksin kelas dunia. Anak perusahaan anggota holding seperti Kimia Farma (KAEF), Indofarma (INAF) dan Phapros bisa menjadi industri pendukung yang kuat dengan spesialisasi masing-masing.” Kata Toto, Kamis (30/9).

Hal itu disampaikan menanggapi berita bahwa perusahaan farmasi milik BUMN PT Bio Farma (Persero) dipercaya Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) menjadi salah satu dari tujuh kandidat untuk memenuhin kebutuhan vaksin Covid-19 dunia, jika lolos uji tuntas (due dilligence).

CEPI merupakan kemitraan antarpemerintah, lembaga swasta, filantropi, dan masyarakat madani yang fokus mengembangkan vaksin serta mengantisipasi dan mencegah pandemi. lembaga non profit internasional yang bermarkas di Oslo, Norwegia.

Menurut Toto Pranoto, selama ini Bio Farma dikenal sebagai perusahaan pembuat vaksin dan antisera terbesar di Indonesia. Dikancah internasional, Bio Farma juga menyokong kebutuhan 2/3 pertiga kebutuhan vaksin dunia dan telah dipercaya oleh Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) terkait pengadaan vaksin halal.

“Bio Farma punya jaringan international yang kuat dan sangat terkenal buat vaksin penyakit tropis. Mereka (Bio Farma) juga punya jaringan ekspor ke puluhan negara serta dipercaya OKI terkait vaksin halal,” ungkap Toto

Saat ini CEPI sedang melakukan peninjauan terhadap kapabilitas dan kapasitas Bio Farma dalam memproduksi vaksin Covid-19. Dalam peninjauan tersebut CEPI memeriksa kualitas dan sistem produksi vaksin Bio Farma, sistem analisis laboratorium, hingga sistem teknologi informasi di Bio Farma dalam produksi vaksin.

“Dengan reputasi ini maka saya kira wajar kalo Bio Farma masuk dalam shortlist CEPI untuk produsen vaksin corona. Tentu due dillegence telah dilakukan dengan komprehensif terhadap Biofarma terkait kemampuan fasilitas lab, fasilitas produksi dan fasilitas keamanan lainnya, sehingga mudah-mudahan Bio Farma akan terpilih,” harapnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi memamparkan Bio Farma masuk dalam daftar tujuh kandidat yang dipercaya CEPI untuk memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 dunia.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT