ADVERTISEMENT

Graha Wisata TMII Siap untuk Tempat Isolasi Pasien OTG

Kamis, 1 Oktober 2020 19:41 WIB

Share
Graha Wisata TMII Siap untuk Tempat Isolasi Pasien OTG

JAKARTA - Gedung isolasi pasien Covid-19 di Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur, dipastikan siap untuk menampung warga yang mengalami Orang Tanpa Gejala (OTG). Bahkan, alur kedatangan pasien hingga masa isolasi telah dipersiapkan dengan matang.

Wakil Walikota Jakarta Timur, Hendra Hidayat yang mengaku lokasi Graha Wisata TMII dipastikan siap untuk digunakan sebagai gedung isolasi pasien OTG covid-19.

"Dari yang kami cek, semua sudah dipersiapkan dengan matang. Karena mulai dari alur kedatangan pasien hingga masa isolasi telah dipersiapkan dengan matang," katanya, Kamis (1/10).

Dikatakan Hendra, disiapkannya Graha Wisata sebagai tempat isolasi karena saat ini di Jakarta, rumah sakit rujukan telah menampung 80 persen pasien. Atas hal itu diperlukan langkah antisipasi bila kapasitas tidak mencukupi. "Di Graha Wisata TMII sendiri tersedia 48 kamar dengan kapasitas 102 pasien," ujarnya.

Hendra menambahkan, dengan siapnya Graha Wisata sebagai tempat isolasi, diharapkan pada 10 Oktober mendatang lokasi itu bisa segera difungsikan. Meski begitu, nantinya pemeriksaan akhir sebelum digunakan tetap akan kembali dilakukan.

"Yang jelas pada intinya untuk Graha Wisata itu sendiri lokasinya telah siap untuk dijadikan tempat isolasi," ungkapnya.

Seperti diketahui, selain menunjuk TMII sebagai lokasi isolasi pasien OTG, Pemprov DKI Jakarta juga menunjuk Jakarta Islamic Center, dan Graha Wisata Ragunan menyiapkan ruangan. Keputusan menunjuk lokasi telah diteken Gubernur DKI Anies Baswedan pada 22 September kemarin.

Upaya disiapkannya lokasi isolasi agar dipusatkan di suatu tempat karena Pemprov DKI Jakarta menilai isolasi mandiri tidak berjalan efektif. Selain kurangnya kedisplinan pasien OTG juga dikarenakan lokasi isolasi mandiri yang berada di pemukiman padat. (Ifand/win)

ADVERTISEMENT

Reporter: Winoto
Editor: Winoto
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT