Download E-Paper

Pasar Jatibarang Kumuh, Bupati Indramayu Marah

Kamis, 09 Januari 2020 - 16:10
Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat berjalan di sisi genangan air yang kumuh dan becek di pasar Jatibarang. (taryani)

INDRAMAYU  – Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat tampak kecewa dengan hasil kinerja di jajaran Dinas Koperasi, UKM dan Indag (Diskopindag) Kabupaten Indramayu  serta pengelola Pasar Jatibarang.

Pasalnya,  Pasar Jatibarang yang belum lama diresmikan itu kondisinya kini tampak kumuh dan kotor.

Taufik Hidayat kebetulan melihat dengan mata dan kepala sendiri kondisi Pasar Jatibarang saat memonitor proyek-proyek strategis di Kabupaten Indramayu.

Ia melihat sampah di beberapa sudut pasar. Ada juga sampah  yang terlihat menggunung,  sehingga pasar tersebut terkesan kumuh dan kotor.

Kondisi jalan masuk pasar juga keadannya kurang tertata dengan baik. Di beberapa titik terlihat  becek dan digenangi air.  Begitu juga tatkala masuk ke  dalam  Pasar Jatibarang, Plt Bupati Indramayu sempat geleng-geleng kepala menyaksikan sejumlah los dan kios terlihat kumuh.

Keadaan Pasar  Jatibarang tidak mencerminkan kondisi pasar yang sehat dan bersih karena  terlihat becek  dan banyak genangan air.

Bahkan  yang paling menyedihkan di dalam komplek Pasar Jatibarang,   banyak  berdiri bangunan-bangunan  liar yang semakin menambah kesan  kumuh dan kotor karena dinilai  menganggu kenyamanan serta menghambat pembuangan sampah.

Bangunan-bangunan  liar di dalam pasar itu mau tidak mau harus segera dibongkar, agar Pasar Jatibarang mampu bersaing dengan kehadiran pasar-pasar modern.

“Pasar Jatibarang ini baru beberapa tahun saja diresmikan. Namun kondisinya sangat tidak enak dipandang mata. Coba pengelola pasar dan Diskopindag Indramayu segera  menciptakan pasar yang nyaman bagi pengunjungnya. Saya tegaskan Pasar Jatibarang dan pasar-pasar lainnya harus bersih,” tegas Taufik Hidayat dengan nada tinggi.

Untuk mempermudah akses transportasi ke Pasar Jatibarang, lanjutnya,  Pemkab Indramayu dalam waktu dekat akan  membangun Terminal Angkot. Lokasinya berada di sebelah Pasar Jatibarang.

Selain itu, Pemkab Indramayu  juga memberikan izin masuk kepada para pedagang sandang musiman yang menggelar dagangan khususnya pada hari-hari pasaran,  yaitu hari  Rabu dan Minggu ke dalam Pasar Jatibarang.

Setelah memonitor Pasar Jatibarang, Plt Bupati Indramayu bersama Sekda Indramayu Rinto Waluyo juga meninjau Alun-alun Jatibarang atau Taman Terbuka di bekas lahan bangunan Pasar Jatibarang yang terbakar.  

Taman Terbuka Jatibarang yang didesain Gubernur Jabar, Ridwan Kamil itu kondisinya tak sesuai yang diharapkan. Beberapa fasilitas  yang ada pada Taman Terbuka terkesan dipasang  asal-asalan. Beberapa lampu taman misalnya tampak mudah bergoyang saat  tersentuh tangan sehingga mengakibatkan cepat rusak.

“Kita lihat pada Taman Terbuka banyak material yang kurang pas seperti lampu taman banyak yang sudah lepas. Bahkan tempat duduk juga belum bisa diduduki,  karena catnya mudah pudar sehingga membekas di tangan,” tegas Taufik.

Sebelumnya, Taufik Hidayat bersama rombongan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Indramayu juga sempat memonitor proyek-proyek strategis  di Karangsong dan Pasar Karangampel yang menurut rencana akan ada upaya pengembangan pasar dan pembuatan akses jalan baru. (taryani/tri)

 

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

Rekomendasi



-->