Download E-Paper

Hadapi Puncak Musim Hujan, Polres Serang Gelar Kesiapsiagaan Bencana Alam

Kamis, 09 Januari 2020 - 14:35
Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan memeriksa dan mencoba peralatan untuk antisipasi dampak bencana alam.


SERANG –  Sebagai daerah yang dilintasi dua sungai besar yaitu Sungai Cidurian dan Ciujung, menjadikan sebagian besar wilayah Kabupaten Serang rawan akan bencana banjir, baik akibat itensitas hujan maupun air kiriman dari wilayah hulu (Banten Selatan, red).

Sebagai bentuk kesiapsiagaan, Kepolisian Resor (Polres) Serang menggelar apel siaga bencana di Mapolres Serang, Kamis (9/1/2019).

"Pelaksanaan apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan perlengkapan. Upaya antisipasi harus tetap kita laksanakan sedini mungkin, maka dari itu untuk mengantisipasi potensi bencana alam kekuatan yang ada di Polres hingga Polsek harus kita persiapkan," ungkap Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan.

Menurutnya, melihat perkembangan situasi nasional saat ini, banyak terjadi bencana alam akibat dampak perubahan cuaca yang menimbulkan permasalahan bahkan mengakibatkan korban jiwa.

Banyak warga terpaksa mengungsi akibat  rumahnya rusak. Fasilitas publik juga banyak yang hancur.

Berdasarkan perkiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG, wilayah Kabupaten Serang sudah memasuki musim hujan yang puncaknya diperkiraan terjadi hingga Pebruari mendatang.

Sehingga perlu diwaspadai segala bentuk bencana alam, terutama banjir dan angin puting beliung.

"Kita memerlukan langkah-langkah proaktif untuk membantu masyarakat yang terkena bencana, sebagaimana tugas Polri melindungi keselamatan jiwa raga dan harta benda masyarakat. Dalam pelaksanaan ini, kami pun bersinergi dengan TNI, BPBD Pemkab Serang," katanya.

Dengan dilakukannya siaga khusus bencana musim hujan tersebut, diharapkan seluruh personel yang didukung peralatan penanggulangan bencana lebih siap mengantisipasi dampak dari bencana serta dapat mengurangi risiko bencana dan meringankan beban masyakat jika musibah.

"Saya meminta kepada seluruh personel yang terlibat dalam apel siaga itu untuk mempersiapkan diri dan peralatan secara maksimal sehingga sewaktu-waktu siap turun ke lokasi bencana membantu masyarakat," tutur Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres didampingi Wakapolres Kompol Agung Cahyono dan Kabag Ops Kompol Kosasih melakukan pemeriksaan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan seperti perahu karet, alat penerangan, pelampung, gergaji mesin, serta peralatan lainnya.

Selain memeriksa, Kapolres pun meminta satu persatu peralatan untuk dioperasikan, terutama gergaji mesin dan alat penerangan. Hasilnya seluruh peralatan berfungsi dengan baik dan siapkan digunakan dalam menghadapi bencana. (haryono/tri)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

Rekomendasi



-->