ADVERTISEMENT

Kabur dari LP Tangerang, Cai Cangphan Pakai Obeng dan Alat Pertukangan Lengkap

Selasa, 29 September 2020 18:48 WIB

Share
Kabur dari LP Tangerang, Cai Cangphan Pakai Obeng dan Alat Pertukangan Lengkap

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Pelarian bandar narkoba warga negara (WN) China, Cai Cangphan alias Cai Ji Fan, 53 dari Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas I Tangerang dengan menggali tanah dari ruang sel menggunakan peralatan yang lengkap.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, selaman 8 bulan napi tersebut menggunakan alat sekop, besi, obeng, pahat, karung tanah untuk menggali dan membuang tanah dari ruang sel. 

"Dia (napi) menggunakan skop, termasuk alat-alat yang kita temukan di TKP itu seperti besi, obeng, pahat dan karung tanah. Makanya ini kita masih dalami semua beberapa keterangan saksi-saksi di sana," tukasnya.

Dikatakan, setiap napi tersebut menggali tanah dimasukkan dalam karung plastik kemudian dibuang di tong sampah lalu ditutupi agar tidak kelihatan.

"Jadi tanah yang digaruknya dimasukkan di karung plastik kemudian dia buang di dalam tong sampah nanti ditutupi lagi," katanya.

Yusri menjelaskan, skop kecil dan alat lainnya yang ditemukan di lokasi kemungkinan diambil dari pekerja yang saat itu sedang membangun dapur di sebelah dalam sel tersebut. 

"Jadi alat-alat itu yang diambil dari tukang. Termasuk pakaian kotor, pompa air dan selang. Adapun pompa air selang, kita juga masih mendalami kenapa bisa ada pompa air itu dalam tempatnya (tahanan)," pungkas Yusri. 

Sebelumnya, Napi Lapas Kelas l Tangerang, Cai Changpan kabur tari tahanan, pada Senin (14/9/2020). Napi tersebut kabur dengan menggali lubang di tahanan lalu keluar lewat gorong-gorong. 

Dilokasi petugas menenukan barang bukti seperti obeng hingga besi yang diduga digunakan tersangka untuk menggali tanah dari ruang sel.

Bandar narkoba asal China ini divonis hukuman mati oleh Pengadilan Tinggi (PT) Banten, pada 19 Juli 2017 karena terbukti menyelundupkan dan mengedarkan 110 kg shabu di Banten. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Trias Haprimita
Editor: Trias Haprimita
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT