ADVERTISEMENT

DPR RI Nilai Golput Pilkada Itu Hak Konstitusional

Jumat, 25 September 2020 16:18 WIB

Share
DPR RI Nilai Golput Pilkada Itu Hak Konstitusional

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Golput pada pilkada 9 Desember 2020 merupakan hak konstitusional. Dasco menegaskan, Baru pertama kali ini Pilkada berlangsung di tengah pandemi.

“Soal orang mau Golput di pilkada itu hak konstitusional. Itu dinamis. Silakan saja. Namun, kami berharap pasrtisipasi masyarakat tetap meningkat dengan disiplin protokol kesehatan,” tegas Sufmi Dasco Ahmad di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta, Jumat (25/9/2020).

Sufmi Dasco menyambut baik revisi peraturan komisi pemilihan umum (PKPU), itu agar pilkada berjalan lancar dan selamat.

“Yang penting hasil revisi itu dilaksanakan di lapangan,” katanya.

Waketum Gerindra berharap revisi itu tak hanya tertulis, melainkan dilaksanakan di lapangan secara disiplin. Karena itu, Dasco minta penyeleggara, pengawas, dan DPR RI mengawasi pelaksanaan PKPU tersebut.

“Kalau nanti terbukti masih banyak pelanggaran, maka akan dievaluasi kembali,” ujarnya.

Sementara itu menyinggung perpanjangan PSBB Jakarta, yang berdampak pada pedagang kaki lima (PKL), UMKM dan pusat-pusat perbelanjaan yang terganggu karena perekonomian macet, Dasco berharap mereka tetap bisa berdagang dengan tetap disiplin protokol kesehatan.

“Dengan terus memperketat protokol kesehatan, kita akan mampu meminimalisir penyebaran covid-19. Jadi, aturan yang ketat tersebut kami harapkan bisa segera dilaksanakan agar ekonomi masyarakat bergerak,” pungkasnya.

Sebelumnya Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Azyumardi Azra mengaku akan memilih golput alias tidak memilih pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Langkah ini diambilnya sebagai ungkapan solidaritas kemanusiaan bagi korban yang meninggal akibat terinfeksi virus Covid-19 selama beberapa bulan terakhir. (rizal/tha)

ADVERTISEMENT

Reporter: Trias Haprimita
Editor: Trias Haprimita
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT