Siap Pimpin PBSI, Ketum Pengprov Banten Ari Wibowo Usung Misi Pemerataan Prestasi

Kamis, 24 September 2020 07:20 WIB

Share
Siap Pimpin PBSI, Ketum Pengprov Banten Ari Wibowo Usung Misi Pemerataan Prestasi

JAKARTA - Ketua Umum Pengprov PBSI Banten Ari Wibowo sudah mengibarkan ‘bendera perang’ untuk maju sebagai calon Ketua Umum PP PBSI pada Musyawarah Nasional (Munas) PBSI pada 2020 ini. Kebulatan tekad Ari untuk maju lantaran sudah didukung 14 Pengprov PP PBSI dari 34 provinsi pemilik suara.

“Saya berani maju karena adanya dukungan dari teman-teman yang menginginkan perubahan di PBSI. Hingga kini sudah ada 14 Pengrov yang menyatakan dukungannya, di antaranya tujuh Pengprov sudah menyatakan dukungan dalam bentuk surat,” kata Ari Wibowo kepada wartawan di ISTC Sport Resort Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (23/9/2020).

Perubahan yang dimaksud Ari adalah pemerataan pembinaan atlet bulutangkis di berbagai daerah. Karena selama ini banyak atlet daerah yang pontesinya besar untuk berprestasi ke tingkat dunia direkrut bergabung dengan klub besar yang ada di Pulau Jawa.

“Dengan begitu kalau ada Pekan Olahraga Nasional (PON) atlet daerah yang berprestasi tersebut tidak dapat membela daerah asalnya. Ini kan tidak adil. Daerah yang membina dari awal, ketika sudah jadi yang memetik hasilnya daerah lain,” lanjut Ari Wibowo yang juga aktif sebagai Pembina atlet lewat klub Ardes Tigaraksa ini.

Beri Kesempatan 

Lebih jauh Ari mengatakan, di Munas yang akan berlangsung Oktober mendatang PBSI dapat memberi kesempatan kepada siapa pun untuk maju sebagai calon ketua umum tanpa adanya intimidasi. Jangan sampai ada penekanan kepada Pengprov/ Pengkot menjelang Munas. Karena hal itu dapat merusak kaidah-kaidah sportivitas di dunia olahraga.

Ari menilai selama ini Pengprov banyak yang tertipu oleh para calon Ketua Umum PP PBSI setiap mau Munas. Misalnya janji membuat sentralisasi Pelatnas di tiga wilayah yang hingga kini tidak kunjung terealisasi.

“Hendaknya dalam rangka pemerataan prestasi ada pemusatan latihan berskala nasional di wilayah tengah dan timur. Caranya ya dengan mendatangkan pelatih-pelatih berkualitas setara dengan yang ada di Pelatnas Cipayung. Hal seperti itu yang saya inginkan dan ternyata disambut baik oleh temanteman yang akhirnya mau mendukung saya,” ucapnya didampingi legenda hidup bulutangkis Icuk Sugiarto.

Menurut Ari, membina olahraga bulutangkis tidak boleh mendahulukan kepentingan pribadi di atas kepentingan kelompok. Tapi kenyataannya sekarang kondisi itu sering terjadi sehingga tujuan pemerataan pembinaan atlet bulutangkis menjadi tidak seimbang antara pusat dan daerah.

Pengusaha properti ini menyatakan bahwa KONI Banten juga akan membantu PBSI Banten untuk mencetak atlet bulutangkis berprestasi lebih banyak lagi bila dirinya terpilih menjadi Ketua Umum PP PBSI nanti. Pasalnya, selama ini PBSI Banten sudah berkontribusi cukup baik untuk atlet pelatnas, karena saat ini ada tujuh atlet Banten yang menghuni Pelatnas Cipayung.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar