ADVERTISEMENT

Menparekraf Wishnutama Tinjau Kesiapan Hotel Jadi Lokasi Isolasi OTG

Rabu, 23 September 2020 20:08 WIB

Share
Menparekraf Wishnutama Tinjau Kesiapan Hotel Jadi Lokasi Isolasi OTG

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menpar) Wishnutama Kusubandio meninjau kesiapan hotel yang akan menjadi lokasi isolasi pasien konfirmasi tanpa gejala, Rabu (23/09/2020). 

Pada kesempatan ini, Menpar bersama Dirjen P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Kementerian Kesehatan dr. Benget Saragih, meninjau salah satu hotel di kawasan Jakarta Pusat yaitu hotel ibis Styles Mangga Dua Jakarta. 

Wishnutama mengecek alur kedatangan pasien nasisaat tiba di ruangan triase, kemudian proses wawancara oleh dokter dan perawat dari Kemenkes, hingga masuk ke dalam kamar untuk menjalankan isolasi.

Ia juga mengecek tata cara pasien mendapatkan layanan seperti makanan, minuman serta layanan kesehatan yang disiapkan Kementerian Kesehatan. 

Kepada pengelola hotel, Menpar menekankan kesiapan para pekerja hotel agar benar-benar bisa menjalankan tugasnya melayani namun tetap aman COVID-19.   

"Saya benar-benar menekankan bahwa protokol kesehatan harus dijalankan agar tujuan dan harapan kita bersama bahwa penyebaran COVID-19 dapat ditekan atau bahkan menjadi klaster baru sehingga kita bisa memasuki era adaptasi kebiasaan baru lebih baik lagi," kata Wishnutama. 

Sebelumnya, Kemenparekraf bersama Kemenkes menyusun mekanisme pelaksanaan terkait bagaimana prosedur masyarakat yang positif terinfeksi COVID-19 namun tanpa gejala bisa check-in di hotel-hotel yang telah ditentukan. 

Ia pun mengapresiasi pihak hotel yang telah siap menjalankan prosedur yang disyaratkan Kementerian Kesehatan, seraya berharap hal sama juga dijalankan hotel lainnya yang berpartisipasi dalam program ini.  

"Secara umum pelaksanaan persiapannya sudah baik dan siap untuk menjalankan program ini. Kita lihat juga kualitas makanan, kualitas kamar juga bagus. Diharapkan dengan kondisi service yang baik ini, orang yang sedang sakit secara psikologis akan lebih cepat sembuh karena imunitas akan naik," kata Wishnutama. (mita/ruh) 

 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Guruh Nara Persada
Editor: Guruh Nara Persada
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT