ADVERTISEMENT

Universitas Indonesia Menyerahkan 3.380 Liter Handsanitizer ke Fasyankes

Selasa, 22 September 2020 22:04 WIB

Share
Universitas Indonesia Menyerahkan 3.380 Liter Handsanitizer ke Fasyankes

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK - Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) kerja sama PT Huntsman Indonesia melakukan donasi 3.380 liter handsanitizer bagi instansi maupun fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes), seperti rumah sakit, puskesmas, universitas.

Menurut Dekan FFUI Dr. Mahdi Jufri,  donasi ini merupakan produksi batch pertama. Hand sanitizer ini didistribusikan ke berbagai instansi, rumah sakit dan Puskesman.

"Pembagian donasi akan dilakukan secara berkala sampai persediaan hand sanitizer yang diproduksi habis. Sebelumnya, PT Huntsman Indonesia telah berkomitmen untuk menyediakan 24 metrik ton atau setara dengan 24.000 liter larutan hand sanitizer dalam enam bulan ke depan," ujarnya didampingi Direktur PT Hunstman Indonesia, Andry K. Wicaksono kepada Poskota dalam keterangan pers, Selasa (22/9) malam.

Selain itu Mahdi Jufri kolaborasiini merupakan penerapan konsep triple helix, yaitu kolaborasi antara perguruan tinggi dengan pihak industri.

Sejak langkanya hand sanitizer di pasaran, kami memproduksi hand sanitizer mandiri di laboratorium FFUI dan membagikannya secara gratis kepada masyarakat dan rumah sakit/klinik, namun kami sering mengalami kendala karena terbatasnya bahan baku dan produksi dalam skala besar.

"Diharapkan kerja sama ini dapat memberikan impact bagi masyarakat serta mendukung pemerintah mengatasi penanganan COVID-19," tambahnya.

Menurut Mahdi, handsanitizer dibagikan ke Wisma Atlet sebanyak 500 liter; RSPAD Gatot Soebroto 500 liter; RS Pusat Otak Nasional 500 liter; RS Persahabatan 500 liter; RS Bunda 220 liter; Dinkes DKI Jakarta 500 liter; FKG UI dan RS Gigi dan Mulut  250 liter.

Juga dibagikan ke Dinkes Depok 200 liter, Fakultas Ilmu Keperawatan UI  200 liter; RS Mintohardjo 200 liter; RS Marzoeki Mahdi Bogor 200 liter; RS TNI AL Ramelan Surabaya 200 liter; Universitas Pertahanan 100 liter; Puskesmas Pakuhaji Banten 50 liter; Fakultas Teknik UI 40 liter; dan Puskesmas Sukamaju 20 liter.

Sebelumnya, juga telah diserahkan donasi hand sanitizer kepada RSUD Depok, RSUD Pasar Rebo, dan RS Hermina Depok. (angga/win)

ADVERTISEMENT

Reporter: Winoto
Editor: Winoto
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT