ADVERTISEMENT

Mensos Dorong Bank Himbara Kucurkan Kredit untuk KPM PKH Graduasi

Senin, 21 September 2020 09:10 WIB

Share
Mensos Dorong Bank Himbara Kucurkan Kredit untuk KPM PKH Graduasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA – Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) diminta merekrut Keluarga Penerima Manfaat (KPM) graduasi  Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Permintaan ini disampaikan Menteri Sosial Juliari P. Batubara yang  menyatakan, KPM yang sudah graduasi merupakan target (nasabah) yang paling aman.

“Sebab sudah termonitor mengenai konduitenya, termonitor usahanya, datanya juga jelas. Kita punya banyak KPM-PKH graduasi yang sudah memiliki usaha. Mereka ini bisa langsung ditawari KUR,” katanya, di Jakarta, Minggu (20/9/2020).

Selain profil KPM-PKH graduasi yang menurutnya sudah “aman”, jumlah mereka yang cukup banyak juga menjanjikan bagi perbankan. Kemensos menargetkan sebanyak 1 juta KPM-PKH graduasi setiap tahun.

“KPM yang kita punya itu puluhan juta, kalau diambil sekian persen saja sudah sekian juta. Sehingga tidak perlu cari (nasabah) yang baru,” kata ayah dua anak ini.

Juliari berharap Himbara agar dapat bekerja aktif mencari mantan KPM-PKH yang sudah tergraduasi ini. Menurutnya, menemukan KPM-PKH tergraduasi tidak sulit, karena sudah tersedia banyak jaringan. “Kan ada koordinator regional, koordinator wilayah, atau juga pendamping,” katanya.

Tak hanya mendorong Himbara, Juliari juga meminta kepada pimpinan daerah seperti gubernur, bupati atau wali kota untuk berperan menjembatani penyaluran KUR antara perbankan kepada KPM-PKH graduasi.

“KPM yang graduasi yang berdagang dan perlu modal, bisa kawinkan saja dengan bank. Kasihlah kredit nanti yang sudah graduasi sudah tidak perlu lagi terima bantuan,” katanya.

Pernyataan Mensos merespon progress keberhasilan Kemensos mengantarkan KPM mengakhiri kepesertaannya dalam PKH (graduasi). Jumat lalu, Kemensos mengumumkan bahwa, dari target 1 juta KPM graduasi tahun 2020, per Agustus sudah tercapai 711.126 keluarga, atau mencapai 71.1 persen.

Secara simbolik, mereka diwisuda dalam acara Graduasi KPM dan Rekonsiliasi Nasional Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan 2020, di Cirebon (17/09). Menyikapi hal ini, Mensos menyatakan, hasil PKH graduasi merupakan bentuk kolaborasi banyak pihak, termasuk kerja keras pendamping sosial PKH.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Tri Haryanti
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT