ADVERTISEMENT

Yuk Jaga Imunitas Tubuh dengan Ramuan dari Empon-empon!

Selasa, 15 September 2020 15:50 WIB

Share
Yuk Jaga Imunitas Tubuh dengan Ramuan dari Empon-empon!

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

MENJAGA Imunitas tubuh dengan minum berbagai suplemen ataupun obat-obatan, diyakini bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari diri dari penularan Virus Corona yang kini mewabah di Indonesia dan di seluruh dunia.

Namun tentu saja, kita tidak boleh melanggar disiplin protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah. Yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Untuk meningkatkan imunitas tubuh, di Indonesia kini  tengah popular suplemen dari empon-empon yang berasal dari  tanaman jamu seperti  jahe, jahe merah, kunyit, temulawak, kencur dan daun sereh. 

Ramuan dari empon-empon ini kini tengah popular dimasyarakat Indonesia yang lebih memilih ramuan herbal untuk bisa meningkatkan imunitas agar bisa terhindar dari penularan virus corona. 

Istilah empon-empon viral setelah guru besar biologi molekuler dari Universitas Airlangga, Chaerul Anwar Nidom mengungkapkan bahwa  empon-empon bisa menangkal virus corona.

Bahkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto juga mengatakan  empon-empon bisa  meningkatkan imunitas dan menjadi penangkal virus corona dan terbukti aman untuk kesehatan.

Penggunaan ramuan tradisional ini sudah ada dalam Peraturan MENKES/187/2017 Tentang Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia . Dalam peraturan tersebut disebutkan tentang jenis-jenis tumbuhan obat yang tumbuh di Indonesia yang telah terbukti aman jika digunakan sesuai aturan dan secara empiris bermanfaat bagi kesehatan. 

Berikut Manfaat Empon-empon:

Jahe,  Jahe yang dimaksud di sini yakni jahe merah yang  bermanfaat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tubuh tetap fit. Ekstrak jahe merah dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh. Karena itu sistem kekebalan tubuh akan meningkat.

Temulawak, salah satu fungsinya untuk menjaga kebugaran. Bahkan mantan Menteri Kesehatan Nila Moeloek rajin minum jamu temulawak untuk menjaga kebugaran di tengah kesibukan. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Tri Haryanti
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT