ADVERTISEMENT

Pesta Pengungkapan Gender Picu Salah Satu Kebakaran Besar di California

Rabu, 9 September 2020 16:34 WIB

Share
Pesta Pengungkapan Gender Picu Salah Satu Kebakaran Besar di California

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AMERIKA - Kebakaran California telah menghanguskan lahan lebih dari 7.000 hektar dalam dua hari sejak Senin (7/9/2020). Kembang api di pesta pengungkapan gender atau gender reveal party menjadi pemicu kebakaran besar tersebut.

Ratusan orang terpaksa mengungsi dari rumah mereka karena kobaran api, dan petugas pemadam kebakaran sejak Senin masih berjuang hingga sekarang untuk mencegah api meluas ke daerah lainnya.

"Itu semua dipicu ketika sebuah keluarga menuju El Dorado Ranch Park untuk foto mengungkapkan gender Sabtu pagi kemarin," kata Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (Cal Fire), Kapten Bennet Milloy.

Pesta pengungkapan jenis kelamin diadakan selama kehamilan untuk mengungkap jenis kelamin anak yang diharapkan, terkadang diumumkan dengan kembang api asap berawarna merah muda atau biru.

Milloy juga menyatakan bahwa pengungkapan itu seharusnya dilakukan dengan perangkat piroteknik, tapi malah menyalakan api yang dengan cepat menyebar ke utara dari taman ke Yucaipa Ridge.

Setidaknya satu anggota keluarga berusaha memadamkan api meskipun gagal dan telah bekerja sama dengan penyidik kebakaran.

"Tidak ada penangkapan yang dilakukan," tutur Milloy.

Menurut pejabat setempat, kebakaran El Dorado telah membakar sekitar 7.386 hektar dan sekitar 7% telah diatasi. Pihak berwenang juga telah mengonfirmasi setidaknya satu bangunan telah hancur. Api juga telah meluas menuju Selatan ke kota Yucaipa dan mendorog orang-orang untuk evakuasi.

Milloy mengungkapkan, petugas pemadam kebakaran belum bisa menilai kerugian dari kerusakan di daerah tersebut.

Kebakaran besar seperti ini bukan pertama kalinya terjadi karena Gender Reveal. Sebelumnya pada 23 April 2017 silam, seorang agen Patroli Perbatasan menyulut api besar-besaran selama pesta pengungkapan gender yang membakar 47.000 hektar padang rumput Arizona, dan menelan biaya lebih dari 8 juta dolar AS serta dua minggu untuk dipadamkan. (talitha/ys)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT